Trump Bikin Takut, Rupiah Lanjut Melemah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS ditutup melemah di akhir perdagangan Kamis, 2 Maret 2020. Mengutip data RTI Bussines, rupiah ditutup pada posisi Rp 16.475 per dolar AS atau melemah 0,15 persen.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah disebabkan oleh ketakutan investor atas pernyataan Presiden AS Donald Trump Selasa malam. Ia memperingatkan warga Amerika untuk menghadapi situasi terburuk dari wabah corona (covid-19).

“Trump menyarankan agar warganya menerapkan skema jaga jarak untuk memutus rantai penyebaran wabah. Ini yang membuat pelaku pasar menjadi takut,” ujarnya Kamis sore.

Sementara dari dalam negeri, pelemahan mata uang garuda dibayangi oleh kekecewaan pasar terhadap pernyataan Gubernur Bank Indonesia (BI) soal laju rupiah. BI mengasumsikan bahwa rupiah bisa ke Rp 17.500 per dolar AS hingga Rp 20.000 per dolar AS, akibat pandemi corona.

Kata Ibrahim, statemen Gubernur BI adalah suatu kesalahan besar. Soalnya pasar global sedang rentan dengan adanya tekanan yang cukup ekstrim. Apalagi baru-baru ini defisit neraca berjalan melebar, peringkat kredit menjadi rendah dan cadangan mata uang asing terbatas. “Ini bisa meningkatkan risiko pelarian modal asing dari dalam dalam negeri yang cukup tajam,” katanya.

Pernyataan tersebut memang sudah direvisi oleh BI pada hari ini. Namun,pemerintah dan BI harus bisa mengayomi masyarakat sehingga tidak terjadi kepanikan yang berlebihan.

Sebagai informasi, pada pembukaan perdagangan Kamis pukul 09.00 WIB pagi, rupiah berada pada posisi Rp 16.450 per dolar AS. Sepanjang hari ini, rupiah sempat menyentuh level tertinggi pada posisi Rp 16.555 per dolar AS. Sementara titik terbawah rupiah berada pada posisi Rp 16.450 per dolar AS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini