Satgultor 81, Pasukan Siluman Kopassus (instagram/@irwan_wuryanto)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak orang mungkin mengira pasukan khusus dalam TNI Angkatan Darat (AD) cuma ada Kopassus. Tapi sebenarnya ada pasukan rahasia dan lebih hebat dalam satuan baret merah milik TNI AD.

Nama pasukan itu adalah Satgultor 81. Mereka bertugas untuk menangani teror-teror kelas atas yang mengancam kedaulatan NKRI. Berikut kumpulan fakta kedigdayaan Satgultor 81 yang penuh misteri.

1. Satgultor 81 Pasukan Anti Teror Terbaik dari TNI

Pasukan Satgultor 81 (instagram/@anggagumilang)

Satgultor 81 adalah salah satu satuan penanggulangan teror yang terbaik di Indonesia. Mereka bertugas untuk mencegah adanya tindak pembajakan pesawat yang dilakukan oleh teroris. Dengan kemampuan bertarung yang sangat hebat, dentasemen ini mampu membuat teroris kelabakan dan tidak bisa melakukan perlawanan dengan cepat.

Selain mengatasi adanya tindakan pembajakan, satuan ini juga difungsikan sebagai satuan yang bisa melakukan peperangan di daerah kota atau wilayah yang sempit. Mereka akan mengumpulkan banyak sekali informasi intelijen yang akan berguna untuk penyerangan yang tak terduga.

2. Dilatih Jerman untuk Misi Rahasia

Pasukan Satgultor 81 (instagram/@indonesian_armedforces)

Dentasemen ini resmi dibentuk pada 30 Juni 1982. Setelah resmi dibentuk, satuan khusus ini akhirnya dipimpin oleh Luhut Binsar Panjaitan yang kala itu berpangkat Kolonel Infanteri dari 1982-1990. Ia dibantu oleh Prabowo Subiyanto.

Satgultor 81 kemudian dilatih di Jerman untuk menanggulangi teror. Setelah kembali ke tanah air, mereka akan melakukan serangkaian misi dan juga melatih prajurit Kopassandha. Latihan yang dilakukan oleh Satgultor 81 selalu rahasia. Bahkan visi dan misinya yang lebih detail juga sangat rahasia.

3. Kekuatan dan Persenjataan Super Rahasia

Satgultor 81 (instagram/@agus_doflamingg0_quixote)

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, satuan khusus ini adalah pasukan siluman. Artinya banyak hal dari organisasi ini yang menjadi rahasia. Termasuk kekuatan pasukan yang dimiliki. Sejak dibentuk pertama kali pada 1982, publik tidak tahu berapa banyak pasukan yang dimiliki dan bagaimana latihan dilakukan. Segala hal terkait dengan Satgultor 81 benar-benar dirahasiakan.

Persenjataan yang dimiliki oleh Satgultor 81 ini juga dirahasiakan. Dengan merahasiakan senjata, musuh atau siapa saja yang akan melawan tidak akan bisa menyusun strategi. Meski demikian, berdasarkan desas-desus yang ada. Senjata yang digunakan oleh satuan ini meliputi senapan-senapan dengan kaliber 9mm, 5,56mm, 7,62mm, dan 12,7mm.

4. Kehebatan Satgultor 81 di Mata Dunia

Satgultor 81 (instagram/@indonesian_armedforces)

Satgultor 81 adalah salah satu pasukan bersenjata paling progresif di dunia. Kehebatan dari satuan ini membuat negara lain sedikit merinding dan tak berani melawan. Satgultor adalah satuan kedua setelah GSG-9 yang menggunakan senapan serbu HK MP-5. Satgultor juga merupakan satuan pertama yang memelopori pemakaian PETN yang merupakan bahan peledak baru alternatif C-4.

Kehebatan dari Satgultor 81 membuat siapa saja yang ingin masuk harus menjalani serangkaian serangkaian tes yang cukup menyulitkan. Sebelum masuk ke Satgultor 81, seorang anggota TNI harus telah berdinas selama 2 tahun sebagai anggota Koppasus TNI AD.

9 KOMENTAR

  1. Sy bangga sbg rakyat Indonesia, memiliki TNI yg kuat didalamnya ada satuan² yg hebat, klau seandainya KKB di gempur oleh pasukan² elit TNI bgmana ya kan jumlahnya tdk banyak tetapi rasanya kok merongrong terus kedaulatan NKRI, padahal dana yg digelontorkan sdh trilliunan untuk membangun Papua, jayalah terus TNI ku untuk menjaga keutuhan NKRI tercinta

  2. Kenapa sih KKB Papua tidak SGR diberantas aja, biar pembangunan di Papua cepat terealisasi agar masyarakat Papua dpt merasakan hasil dr pembangunan tsb. Maju terus TNI demi mempertahankan NKRI yg kita Cintai bersama dan berantas para Koruptor yg menghambat pembangunan dan menyengsarakan masyarakat banyak.

  3. Bener tah..pasukan elit…kalau berdiri 1982…berarti mampu melawan KKSB,…apalg di latih di jerman…..jangan jangan KKB itu proyek….

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here