Ini Tips Gunakan WhatsApp Tanpa Bikin Kuota Internet Cepat Jeblok

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak bisa dipungkiri kalau aplikasi WhatsApp (WA) adalah salah satu alat komunikasi yang digandrungi banyak orang. Lantaran digunakan setiap hari, otomatis volume penggunaan kuota internet juga akan meningkat drastis. Nah, kira-kira bagaimana caranya agar kuota internet tetap awet meski pakai WA setiap hari? Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

Ubah setelan penggunaan data

Langkah pertama adalah buka Aplikasi WA. Kemudian pilih setelan, lalu pilih penggunaan data.
Pada menu penggunaan data, anda bisa mengubah settingan unduh gambar atau video secara otomatis.

Caranya, pada pilihan ‘Saat menggunakan data seluler’, Anda bisa menentukan file mana yang akan Anda unduh secara otomatis. Anda tinggal membubuhkan centang pada file pilihan yang kamu inginkan.

Atau jika Anda sama sekali tidak ingin mengunduh file tersebut, Anda tinggal menghilangkan semua tanda centangnya. Dengan cara ini, berarti Anda sudah menghemat penggunaan kuota.

Ubah setelan panggilan

Langkah lain untuk hemat data adalah dengan ubah setelan panggilan. Caranya adalah buka menu ‘Setelan’, lalu buka ‘Data dan Penyimpanan’ kemudian buka pilihan ‘Setelan Panggilan’.

Pada pilihan ‘Penggunaan data minimum’, hilangkan centang untuk mengurangi penggunaan data saat Anda melakukan panggilan. Hal itu bisa menghemat kuota internet Anda.

Atur Pencadangan Pesan

Selain itu, kamu juga bisa mengatur pencadangan pesan. Caranya adalah buka menu ‘Setelan’, lalu buka ‘Chat’ kemudian buka pilihan ‘Cadangkan chat’.

Hapus tanda centang pada pilihan ‘Sertakan Video’ agar backup chat ke google drive bisa lebih cepat dilakukan. Hal tersebut juga bisa menghemat kuota lantaran video tidak ikut disimpan ke google drive.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini