Ini Tips Ampuh Tangkal Malnutrisi pada Lansia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Saat seseorang memasuki tahap lanjut usia (lansia), selera makannya akan ikut menurun. Namun, para lansia tetap harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar tak terkena malnutrisi alias kurang gizi.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri Purwita Wijaya Laksmi, lansia perlu asupan gizi yang cukup karena di usia tersebut terjadi penurunan fungsi tubuh dan perubahan metabolisme. Bila tidak terpenuhi alias sampai malanutrisi, maka lansia akan lebih rentan sakit.

“Malanutrisi pada lansia dapat mengakibatkan penurunan berat badan, kelelahan, tidak berenergi, kehilangan massa dan kekuatan otot, daya ingat melemah,” kata Purwita seperit dikutip Sabtu 23 November 2019.

Hal ini patut diwaspadai karena saat lansia jatuh sakit, maka perlu waktu lama untuk proses penyembuhannya. Untuk itu, perlu ada dukungan keluarga agar lansia mendapatkan gizi yang cukup. Salah satunya dengan dengan melibatkan diri dalam memonitor asupan gizi harian para lansia.

Ketika dukungan dari keluarga hadir, seperti mengingatkan untuk makan yang sehat, hal itu bisa membuat para lansia bahagia dan jauh dari risiko malanutrisi.

Dia menegaskan, hal utama yang menyebabkan lansia mudah mengalami malnutrisi adalah rasa kesepian atau depresi.

Harap dicatat, untuk lansia lelaki di usia 50-64 tahun harus memiliki kecukupan energi 2.300 kalori. Lalu untuk yang berusia 58-80 tahun sebesar 1.900 kalori.

Sementara lansia perempuan usia 50-64 tahun membutuhkan 1.900 kalori. Kemudian di usia 58-80 tahun harus memenuhi kecukupan energi hingga 1.550 kalori.

Untuk itu perlu asupan makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, sagu, sereal, pasta, singkong ataupun bihun.

Jangan lupa juga perhatikan asupan protein yang bisa diperoleh dari daging, telur, ikan, sedangkan dari nabati bisa dari jenis kacang-kacangan. Begitupun dengan asupan vitamin dan mineral yang bisa ditemui pada sayur-sayuran, buah-buahan dan air mineral.

Nah, agar nafsu makan lansia tetap terjaga biasakan pengolahan makanannya dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

Makanan yang berminyak sebainya dikurangi, begitupun dengan makanan yang pedas, asin hingga yang berkadar gula tinggi. Selain itu, konsumsi kopi dan teh sebaiknya ikut diminimalisir.

Semoga bermanfaat buat orang tua kita di rumah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Masyarakat Dukung Upaya Tegas Penanganan OPM di Papua

Penyerangan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap aparat keamanan TNI/Polri, bahkan masyarakat sipil masih terus terjadi hingga saat ini....
- Advertisement -

Baca berita yang ini