Ini Profil Kepala PPATK Dian Erdiana Rae

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah Dian Ediana Rae sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) 2016-2021 menggantikan Kiagus Ahmad Badaruddin. Ini profil Dian yang pakar hukum bisnis itu.

Dia adalah pejabat karir di bidang keuangan dengan memulai sebagai staf di bagian Urusan Luar Negeri, Bank Indonesia pada 1988. Dia sering mewakili BI dalam berbagai konferensi internasional dan pernah menjabat Kepala Bagian Departemen Hukum BI pada 1996-2003.

Selain itu dia juga pernah menjabat Direktur Departemen Internasional, Bank Indonesia (2003 – 2010) lalu Direktur Eksekutif/Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Untuk Eropa di London (Juli 2010 – April 2013).

Dia juga menjabat Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI yang meliputi Jawa Barat dan Banten pada 2013-2014, dan Kepala Departemen Regional I Bank Indonesia pada periode tahun 2014-2016.

Sebelum menggantikan menjadi Kepala PPATK, Dian menjabat Wakil Kepala lembaga yang sama saat dipimpin Ki Agus Badaruddin.

Pria kelahiran Bandung, 4 April 1960 itu memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Padjajaran Bandung. Setelah itu dia menyelesaikan magister hukum bisnisnya di School of Law University of Chicago.

Sementara doktor bidang hukum diperolehnya dengan predikat cum laude di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia 2003.

Ia pernah diperbantukan di Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan serta menjadi negosiator untuk waktu yang lama mewakili Indonesia di bidang trade in services dalam forum WTO, APEC, ASEAN, dan juga untuk forum G20 (issue trade financing).

Dia juga tercatat ikut aktif melacak sumber-sumber keuangan teroris bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

Dian juga tercatat sebagai dosen luar biasa untuk Universitas Indonesia, Universitas Tarumanegara, dan Universitas 17 Agustus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini