Ini Pesan Wamenkes pada Peraih Penghargaan Kabupaten Kota Sehat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, kepala daerah harus membuat inovasi untuk bisa memberdayakan masyarakat dan semua pengambil keputusan dalam menjaga linkungan serta kesehatan.

Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama hampir 2 tahun memberikan kesadaran bahwa kesehatan adalah segalanya. Kesehatan juga menjadi syarat mutlak dari pembangunan manusia Indonesia di masa yang akan datang.

Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Tempat Pengelolaan Pangan dilakukan tiap dua tahun sekali dan digelar pada tahun ganjil.

Ada empat kategori penghargaan Swasti Saba yaitu Padapa, Wiwerda, Wistara dan Tim Pembina provinsi terbaik. Ada 7 kabupaten kota yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba kategori Pandapa yaitu: Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Tegal, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Banjar dan Kota Sukabumi.

Sedangkan penerima Swasti Saba kategori wiwerda ada 4 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Tebo, Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Nganjuk. Untuk kategori Swasti Saba Wistara diterima oleh 25 kabupaten kota yaitu Kota Padang Panjang, Kabupaten Sukabumi, Kota Semarang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Blitar, Kota Tomohon, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Barru, Kabupaten Wajo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Pare-pare, Kabupaten Bau bau dan Kabupaten Palopo.

Sedangkan kategori Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat Tim Pembina Provinsi terbaik diterima oleh Provinsi Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Tempat Pengelolaan Pangan merupakan bentuk apresiasi atas inovasi dan juga kemandirian, kerja aktif yang telah dilakukan oleh bupati, wali kota dan juga gubernur. Meski terkendala pandemi, Bapak Ibu bisa melakukan koordinasi untuk bisa melaksanakan Kabupaten Kota Sehat,” katanya.

“Saya memberikan apresiasi kepada Bapak Ibu yang hari ini berhasil meraih penghargaan. Salah satu bagian penting dalam RPJMN adalah ketahanan kesehatan dan itu sudah bisa diraih oleh Bapak Ibu yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini