Ini Pesan Terakhir BJ Habibie di Film ‘Habibie & Ainun 3’, Bikin Haru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Rumah produksi MD Pictures akhir tahun ini bakal merilis bagian ketiga kisah hidup Presiden ketiga BJ Habibie di film ‘Habibie & Ainun 3’. Terungkap pesan terakhir dari almarhum Habibie sebelum meninggal dunia.

Di usia senjanya, Habibie diketahui meminjamkan kisah hidupnya untuk difilmkan. Dari ‘Habibie & Ainun’, kemudian ‘Rudy Habibie’, hingga yang terakhir adalah film ini.

“Sejak kita syuting waktu itu di Patra, Kuningan (Jakarta Selatan), kami memang sudah mendengar Eyang sakit. Dari situ, interaksi kita dengan Eyang mulai kita batasi,” ujar Hanung Bramantyo.

Saat itu syuting ‘Habibie & Ainun 3’ mulai berlangsung. Sakitnya Habibie dituturkan Hanung menjadi salah satu momen tak terduga saat produksi film ini dilakukan.

Ditambahkan Manoj Punjabi, sang produser, meski sakit, perhatian Habibie pada proses film ini tak pernah lepas.

“Film ini spesial menurut beliau. Kami minta approval dari skrip, lagu, sampai dua hari sebelum meninggal dia punya pesan dan kesan yang dalam,” katanya.

‘Habibie & Ainun 3’ dianggap Habibie melengkapi perjalanan tentang hidupnya di layar lebar.

“Dia bilang (ke saya), kamu sudah bikin ‘Habibie & Ainun 1’, lalu ‘Rudy Habibie’. Sekarang film tentang Ainun, it’s completed,” kenang Manoj kepada Habibie yang meninggal dunia 11 September 2019.

Berita Terbaru

Masyarakat Perlu Jaga Kedamaian Jelang Sidang Putusan Sengketa Pemilu di MK

Sidang putusan sengketa Pemilihan Presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) kembali memasuki tahap krusial setelah libur Lebaran. Jadwal menunjukkan,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini