Ini Perbedaan Kemanjuran Vaksin Sinovac dan AstraZeneca

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat ini, Indonesia sudah memiliki dua merek vaksin Covid19 untuk mengejar herd immunity, yaitu Vaksin Sinovac dan AstraZeneca. Masyarakat banyak yang bingung, apakah keduanya memiliki kemanjuran yang sama?

Menurut Associate Professor Universiti Putra Malaysia, Bimo Ario Tejo Ph.D penggunaannya tidak boleh digabungkan atau dioplos.

“Harus pilih satu jenis aja untuk 2x penyuntikan. Kalau mau ganti merek ntar aja tahun depan. Tapi mudah2an tahun depan covid sudah lenyap biar nggak perlu divaksin lagi,” ujar Bimo, Jumat 26 Maret 2021.

Menurut Bimo kedua vaksin tersebut berbeda dari teknologi pembuatannya. Jika Sinovac menggunakan cara lama memanfaatkan virus yang dimatikan, sedangkan AstraZeneca menggunakan teknologi baru hanya memanfaatkan bagian mahkota Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid19.

Akibatnya, antibodi yang dibangkitkan Vaksin AstraZeneca spesifik saja sesuai mahkotanya. Sedangkan Vaksin Sinovac membangkitkan antibodi berdasarkan keseluruhan tubuh virus tersebut.

Dari dua perbedaan tersebut, Vaksin AstraZeneca akan kesulitan menghadapi varian baru terutama jika sifat mahkota virus tersebut berubah. Sedangkan Sinovac logikanya tidak akan mengalami kesulitan karena menggunakan seluruh tubuh virus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini