Ini Penyebab Banyak Korban Corona di Italia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang mempertanyakan mengapa Italia menjadi negara dengan korban virus corona atau covid-19 terbanyak di luar Cina. Peneliti Universitas Oxford dalam sebuah makalah di Jurnal Demographic Science menduga dua kemungkinan yang menyebabkan negeri Pizza itu berjatuhan korban corona.

Kedua hal itu adalah terlalu banyaknya orang tua, bahkan negara asal Valentino Rossi itu memiliki populasi tertua kedua di bumi setelah Jepang.

Hal lain yang membuat banyaknya korban corona di Italia kemungkinan besar karena anak-anak muda di sana lebih sering bergaul dengan orang tua seperti kakek-nenek mereka.

Di Italia, 23 persen penduduknya berusia di atas 65 tahun, dibandingkan dengan AS, yang populasinya 16 persen.

“Umur panjang telah memainkan beberapa peran dalam mengubah struktur populasi,” kata demografi dan ahli epidemiologi Universitas Oxford Jennifer Beam Dowd seperti dilansir wired.com.

Pada saat yang sama, anak-anak muda Italia cenderung banyak berinteraksi dengan orang tua mereka.

Rekan penulis Italia Dowd mencatat bahwa orang-orang muda mungkin tinggal bersama orang tua dan kakek-nenek mereka di daerah pedesaan tetapi bepergian untuk bekerja di kota-kota seperti Milan.

Orang-orang muda yang bekerja dan bersosialisasi di daerah perkotaan berinteraksi dengan banyak orang, di mana mereka dapat mengambil penyakit dan membawanya pulang. Jika mereka tidak memiliki gejala, mereka tidak akan tahu bahwa mereka sedang menginfeksi orang tua mereka, populasi yang paling rentan.

“Kita tahu sekarang bahwa kematian lebih tinggi pada orang yang lebih tua, tetapi yang belum jelas adalah mengapa,” kata Carlos Del Rio, dekan Sekolah Kedokteran Emory di Grady Health System.

Terutama orang tua yang memiliki sistem pernapasan lebih lemah, yang dapat menyebabkan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Sementara anak-anak cenderung memiliki paru-paru yang masih “murni” dan belum rusak akibat gaya hidup tidak sehat, alergi, polutan dan penyakit sehingga mereka lebih tahan terhadap serangan virus baru.

Hingga 20 Maret 2020, jumlah pasien meninggal dunia akibat corona di Italia mencapai angka 3.405. Sedangkan kasus positif di sana tercatat 41.035.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini