Ini Panduan Salat Id dan Sembelih Hewan Kurban Saat Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk melaksanakan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di masa pandemi Covid19, Kementerian Agama mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020, Selasa 30 Juni 2020.

Surat edaran yang ditandatangani Menteri Agama Fachrul Razi tersebut berisi panduan ritual Salat Id dan menyembelih hewan kurban.

“Edaran ini diharapkan menjadi petunjuk penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dengan menyesuaikan pelaksanaan tatanan kenormalan baru,” kata Fachrul dalam siaran pers Kementerian Agama.

Menurut petunjuk surat itu, Salat Idul Adha dan penyembelihan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah, kecuali di tempat-tempat yang ditetapkan belum aman dari penularan Covid19 oleh pemerintah daerah atau Gugus Tugas Penanganan Covid19 setempat.

Salat Idul Adha boleh dilakukan di lapangan atau masjid atau ruangan dengan sejumlah persyaratan;

– Tempat pelaksanaan sudah didisinfeksi
– Jumlah pintu keluar masuk area shalat dibatasi
– Tersedia sarana cuci tangan
– Pengecekan suhu tubuh di jalur masuk
– Ada pembatasan jarak minimal satu meter di antara anggota jamaah.

Syarat lainnya;
– Ada petugas yang mengawasi penerapan protokol kesehatan
– Pelaksanaan salat dan khutbah Idul Adha dipersingkat tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya
– Tidak mengedarkan kotak sedekah yang berisiko menjadi sarana penularan virus.

Di samping itu;
– Penyelenggara harus menyampaikan kepada jamaah bahwa setiap orang yang hendak ikut shalat berjamaah harus sehat
– Membawa alat perlengkapan shalat sendiri
– Mengenakan masker
– Menjaga kebersihan tangan
– Menghindari kontak fisik langsung dengan anggota jamaah lain
– Menjaga jarak minimal satu meter.

Protokol kesehatan penyembelihan hewan kurban harus terdiri;
– Sebelum penyembelihan hewan kurban dilakukan, suhu tubuh orang-orang yang terlibat dalam pemotongan hewan diukur untuk memastikan mereka sehat.
– Penyembelihan hewan kurban harus dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik.
– Penyelenggara harus mengatur kepadatan lokasi penyembelihan
– Mengatur jarak antar orang saat pemotongan korban
– Menyampaikan langsung daging kurban ke rumah mustahik.

Selain itu, anggota panitia yang berada di area penyembelihan dan penanganan daging, tulang, serta jeroan harus dibedakan dan setiap anggota panitia yang melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging hewan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan selama di area penyembelihan.

Penyelenggara juga harus meminta anggota panitia tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain; tidak menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga; sering mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan; memperhatikan etika batuk/bersin/meludah; serta membersihkan diri sebelum bertemu keluarga.

Menurut panduan dari kementerian, pembersihan dan disinfeksi harus dilakukan pada tempat penyembelihan hewan kurban dan seluruh peralatan yang digunakan sebelum dan sesudah kegiatan.

Penyelenggara selain itu diminta menerapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada kondisi tertentu seorang panitia harus menggunakan alat lain maka harus dilakukan disinfeksi sebelum digunakan.

Kementerian Agama meminta aparat Kantor Wilayah Kementerian Agama tingkat provinsi hingga kecamatan bersinergi dengan instansi terkait lain untuk menyosialisasikan panduan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban serta mengawasi penerapan protokol kesehatan dalam kedua kegiatan ibadah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini