Ini Langkah Jokowi Percepat Pulihkan Ekonomi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus berupaya bersama jajarannya untuk memulihkan perekonomian di Indonesia. Dirinya menjabarkan beberapa langkah yang dilakukan, di antaranya pemerintah telah memberikan insentif berupa potongan tarif pajak penjualan atas barang mewah untuk mobil, mulai 1 Maret hingga 1 Desember 2021.

“Baru saja untuk membangkitkan isi manufaktur pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), selama nanti bulan Maret April Mei diberikan 3 bulan PPnBM 0 persen, 3 bulan berikutnya 50 persen, 3 bulan berikutnya 25 persen,” kata Jokowi dalam acara Perayaan Imlek Nasional Tahun 2021, Sabtu 20 Februari 2021.

Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan keringanan kredit rumah dengan DP 0 persen. “Diberikan juga kemarin yang berkaitan dengan rumah DP 0 persen. Saya kira cara-cara ini nanti yang akan bisa membangkitkan demand membangkitkan konsumsi membangkitkan daya beli masyarakat,” katanya.

Pemerintah juga membuka kesempatan kerja yang seluas-luasnya kepada rakyat. “Saya sudah perintahkan kepada semua kementerian untuk menjalankan program padat karya yang sebanyak-banyaknya, agar melalui APBN melalui APBD,” katanya.

Upaya pemulihan ekonomi nasional juga dengan membangkitkan UMKM agar bisa berproduksi kembali. Caranya dengan memberikan prioritas belanja pemerintah untuk pembelian produk produk dalam negeri serta membangun ekosistem yang kondusif bagi investasi baru dan kebangkitan usaha-usaha skala besar.

Pemerintah juga telah memberikan bantuan sosial pada tahun 2020. Baik itu bantuan sosial, baik itu PKH baik itu subsidi gaji, baik itu kartu pra kerja, baik itu bantuan produktif bagi UMKM semuanya di 2020 sudah diberikan dan sebagian besar nanti akan kita teruskan di tahun 2021.

Intinya untuk mengatasi pemulihan ekonomi semua harus bergerak bergotong royong, tidak bisa hanya dari pemerintah saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini