Ini Kisah Sukses Shindong Bersama SUJU Hingga Jadi CEO Just Color Studio

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi para K-Popers generasi ke-2, pasti tak asing lagi dengan Shin Dong-Hee atau lebih dikenal dengan Shindong.

Tidak hanya dikenal sebagai anggota Super Junior (Suju), Shindong kini aktif di YouTube dan merambah menjadi CEO Just COLOR Studio.

Shindong dilahirkan di Mungyeong, Gyeongsang Utara, Korea Selatan, 28 September 1985. Posisi nya di Suju sebagai main dancer, rapper, dan vocalist.

Namun, sejak lama dia juga dikenal sebagai pengusaha dan produser di antara anggota grup itu.

Itulah yang membuatnya cukup sibuk beraktivitas di luar Suju. Beberapa bisnis yang telah ia jalani di antaranya membuka sebuah kafe internet yang diberi nama Shindong’s DraQra PC Castle serta beberapa restoran milik keluarga.

Selain itu, Shindong juga berbakat menjadi sutradara melalui karya nya di SM Entertainment dan Label SJ. Shindong menjadi produser video musik di Walala Productions yang sedang ia jalani saat ini, sebuah studio yang ia bentuk bersama teman-teman dinas wajib militernya.

Saat SM Station mengerjakan video musik dengan judul “Falling Blossoms” yang berkolaborasi dengan Kim Hee Chul dan Min Kyung Hoon, Shindong menyutradarainya. Pada video itu, Hee Chul temannya di Suju meminta langsung kepada Shindong untuk membantunya karena akan dilombakan.

Karya nya sebagai sutradara dilanjutkan di musik video berjudul Lemonade Love Mark NCT bersama Park Jae-jung, Super Junior D&E dengan judul oppa oppa.

Berikutnya ia menyutradarai video musik untuk lagu nya sendiri bersama grup UV berjudul Cheer Man, lalu video Samuel dan Lee Rohan yang berjudul Teenager, Red Velvet berjudul Re: Birth, Pink Fantasy berjudul Fantasy dan masih banyak yang lainnya.

Selain musik video, Shindong turut mengatur penampilan EXO secara langsung dengan konsep yang kontras pada lagu Obsession.

Shindong merupakan pribadi yang bisa mengatur waktu meski ia mempunyai jadwal aktivitas yang padat. Saat acara realitas SJ Returns 4, disiarkan di V Live App, Shindong mengatakan ia memiliki satu ide bisnis di masa depan, yaitu memulai serial penyiaran idola.

Selain itu, meninjau barang dagangan setiap grup idola, contohnya lightsick penggemar mereka.

Membuat Agensi Just COLOR Studio
Sebelumnya, di awal tahun 2020 ada grup melakukan pra debut bernama ‘Delight’ dengan agensi yang belum diketahui. Mereka merilis foto grup pertama pada 9 April 2020, terdapat lima anggota yakni, Pin-A, Yu Eun, Dami, Pichu dan Sia.

Mereka pun mengunggah cover dance ke YouTube mereka, namun setelah 17 Juli 2020 tidak ada konten baru yang diunggah. Di balik itu, ternyata Pichu bagian dari anggota keluar dari grup dan digantikan oleh Yoona di tahun 2021.

Lalu pada tanggal 11 Mei 2021, Delight mengubah nama grup mereka menjadi ‘Just COLOR’ dan meluncurkan agensi Just COLOR Studio di bawah naungan Shindong.

Setelah itu, mereka juga mengungkapkan dua trainee wanita baru bernama Nayoon dan Dala.

Beberapa hari setelahnya tanggal 19 Mei, Just COLOR mengungkapkan trainee laki-laki, di antaranya YongJin, SangHeon, Ruan, Jino dan JaeHee serta trainee tambahan ialah Hyeseung, Heesun, HaNeul, DuckHee, TaeYoung, Jinny, ChaeEun, GoEun, HaeGang, HyoGeun, HaYoung, JinKyung, YuSeong dan Dongju.

Agensi tersebut nantinya akan mengeluarkan grup baru asal Korea Selatan. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini