Presiden Jokowi ungkap kunci selamat dari Covid19
Presiden Jokowi ungkap kunci selamat dari Covid19

MINEWS.ID, JAKARTA – Jika jadi dilantik Oktober nanti, berarti Jokowi akan menjalani periode keduanya sebagai Presiden Republik Indonesia. Di akhir jabatannya nanti, dia ingin negara ini memiliki struktur fondasi yang kuat di berbagai bidang.

“Artinya kita tidak lagi berpikir pertumbuhan ekonomi, tetapi kualitas pertumbuhan dan pemerataannya,” kata Jokowi di Jakarta, Rabu 12 Juni 2019.

Itu artinya fondasi yang kuat bukan semata-mata soal pertumbuhan ekonomi. Menurutnya untuk mengejar ekonomi yang cepat sangat mudah.

Menurutnya kita tinggal membuat super koridor ekonomi di Jawa bagian utara. Alasannya pelabuhan sudah ada di setiap daerah, hanya perlu menambah satu pelabuhan lagi akan membuat ekonomi kita tumbuh cepat.

Tetapi cara itu tidak mempertimbangkan pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia. Padahal salah satu syarat membentuk fondasi yang kuat adalah pemerataan.

Maka pemerintahannya, kata Jokowi, tidak semata-mata mengurus ekonomi tapi sekaligus juga cara-cara bernegara yang lebih baik dan sehat.

Oleh karena itu, pemerintahannya fokus membangun dan memperkuat fondasi dalam hal infrastruktur, sumber daya manusia, dan reformasi birokrasi. Maka tahapan besar berikutnya adalah teknologi dan inovasi.