Ini Dia Para Pemegang Rambut Nabi Muhammad yang Diakui Kebenarannya

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Hari ini muslim Indonesia digemparkan oleh Opick yang mengaku mendapat mandat menjaga rambut Nabi Muhammad Salallahu Alayhi Wassalam (SAW) dari Dewan Ulama Turki.

Akun Facebook “Sejarah Rambut Nabi Muhammad SAW” menulis rambut Rasulullah semasa hidup banyak diminta para sahabat saat beliau melakukan tahalul. Mereka biasanya akan menyimpannya agar diberkahi Allah SWT.

Namun, hingga kini lebih dari satu tempat diduga masih menyimpan rambut-rambut Rasulullah tersebut.

Menurut akun itu hanya beberapa kelompok atau orang yang dapat dipercaya kebenarannya serta memiliki sejarah yang jelas dan diakui ulama dunia.

Akun tersebut menulis sedikitnya ada lima tempat dan orang yang menyimpan rambut Rasulullah di dunia sekarang.

1.Museum Topkapi

Museum di Istanbul,Turki memiliki beberapa rambut Nabi yang dipersembahkan Kesultanan Ottoman. Museum itu disebut paling banyak menyimpan barang bersejarah milik Rasulullah. Beberapa di antaranya bahkan dihadiahkan ke ulama yang dekat dengan keluarga kerajaan.

2. Syekh Ahmad Ismail

Lelaki yang tinggal di Dubai itu juga memperolehnya dari Keluarga Ottoman pada 1927. Setahun sekali rambut itu dia mandikan bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

3.Syekh Syuhaimi Sulaiman

Dia juga memperoleh rambut tersebut dari Keluarga Kerajaan Ottoman yang hijrah ke Dubai. Kabar terakhir rambut Nabi dia hibahkan kepada Syekh Murshid dari Indonesia yaitu Maulana Muhammad Ali Hanfiah Al Qodiri.

4.Museum Crocus Rusia

Museum yang terletak di Moskow mendapat rambut tersebut dari Museum Makhachkala, Negara Bagian Dagestan yang berbatasan dengan Georgia saat peringatan Maulid tahun 2015.

Untuk menjaga kemanan dari peninggalan bersejarah yang tak ternilai harganya itu, rambut Nabi dikirimkan menggunakan paket tabung khusus yang kedap udara dalam sebuah pesawat jet pribadi dengan pengawalan ketat dari jet tempur pasukan militer Dagestan.

Antusiasme warga muslim Rusia untuk menyaksikan rambut Rasulullah dari dekat cukup tinggi, sampai-sampai lokasi pameran yang semula di Masjid Jami Moskow harus dipindahkan ke Museum Crocus untuk alasan keamanan.

5.Syekh Abu Bakar di India

Syekh itu memiliki guru spiritual atau “munshe” yang diberi kesempatan memegang rambut Nabi Muhammad SAW yang didapat turun temurun dari kakeknya, Syekh Abdulkarim.

Syekh Abdulkarim pernah mencoba melarang Kerajaan Saudi yang ingin merombak peninggalan Nabi di Ma’la karena banyak sisa rambut Nabi di sana. Namun Kerajaan tidak menggubrisnya. Meski begitu Syekh Abdulkarim sudah lebih dahulu menyimpan beberapa rambut Rasulullah yang terus diwariskan ke anak cucunya.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini