Ini Dia Lima Menteri Jokowi yang Berprestasi Sepanjang 2019

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Keberhasilan Presiden Jokowi tidak terlepas dari kerja para menteri yang membantunya. Beberapa menteri, terutama di Kabinet Kerja, bahkan mendapat penghargaan dari luar negeri atas prestasi kerjanya membantu Jokowi.

Setidaknya kita bakal sepakat bahwa lima nama berikut memang pantas disebut menteri Jokowi yang paling berprestasi sepanjang 2019.

1. Susi Pudjiastuti
Saat menjabat sebagai orang nomer satu di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Susi banyak mendapat acungan jempol di dunia nyata maupun dunia maya. Pemilik armada Susi Air tersebut dinilai benar-benar menjaga perairan Indonesia dari pencurian ikan oleh nelayan negara lain. Mereka ketakutan karena Susi akan langsung merampas kapal yang terbukti mencuri ikan, lalu menenggelamkannya. Hingga akhir masa jabatannya Susi sudah menenggelamkan lebih dari 500 kapal nelayan negara lain.

2. Rudiantara
Tahun ini menorehkan catatan prestasi bagi Kementerian Komunikasi dan Infromatika, karena proyek infrastruktur telekomunikasi yang diberinama Palapa Ring (Tol Langit) selesai semuanya. Menurut Menteri Rudiantara yang ditugasi menyelesaikannya, membagi ke dalam tiga paket Palapa Ring yaitu Paket Barat, Tengah dan Timur. Kini layanan internet di seluruh wilayah Indonesia bisa diakses.

3. Sri Mulyani Indrawati
Sepak terjang Sri Mulyani dalam mengatur keuangan negara Indonesia sudah tidak perlu diragukan. Berbagai kebijakan yang dia ambil untuk memperkuat perekonomian Indonesia membuat penghargaan menghampirinya.

Tahun ini, perempuan yang sering dipanggil Ani tersebut mendapat Statepersons Award dalam ajang Asian Business Leadership Forum (ABLF) Award. Itu adalah penghargaan yang diberikan kepada figur yang mampu membantu pemerintah membuat kebijakan proaktif dan positif.

Selain itu, perempuan kelahiran Lampung itu untuk kesekian kalinya diganjar penghargaan Best Minister 2019 dalam CNBC Indonesia Award 2019. CNBC memberikan penghargaan itu karena dia mampu membuat ekonomi Indonesia survive di tengah ketidakpastian ekonomi global yang cenderung melemah.

4. Retno Marsudi
Berkat kinerja Retno Marsudi, Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) periode 2019-2020.

Selain itu Retno dan jajarannya juga membuat Indonesia kelima kalinya sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB periode 2020-2022.

5. Basuki Hadimuljono
Menteri yang pembawaannya santai ini diakui masyarakat Indonesia punya banyak prestasi hingga sepanjang 2019 ini. Bahkan banyak orang menyebutnya sebagai Bapak Infrastruktur Indonesia karena mampu mewujudkan mimpi Presiden Jokowi membangun infrastruktur secara masif.

Prestasi yang tercatat tahun ini adalah Jembatan Lengkung Bentang Panjang yang dibuat untuk rel kereta LRT Jabodebek di Persimpangan Jala Rasuna Said dan Gatot Subroto. Panjang bentangannya 148 meter sedangkan panjang lengkungannya 115 meter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini