Kelompok Teroris Asia Tenggara di Daftar CIA, Ada JI dan JAD

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Central Intelligence Agency (CIA) merilis daftar kelompok-kelompok yang tergolong pelaku teror di berbagai belahan dunia meliputi Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara.

Setiap tahun, Menteri Luar Negeri wajib memberikan laporan tentang kelompok-kelompok teroris yang dianggap memenuhi kriteria sesuai undang-undang dari Departemen Luar Negeri AS.

Tidak hanya sebatas mendata namun laporan ini juga memuat tentang kelompok-kelompok teroris yang  memiliki andil dalam penculikan dan pembunuhan warga negara AS.

Di Indonesia, kelompok teroris yang ada dalam daftar CIA adalah Jamaah Anshorut Daulah (JAD) dan Jamaah Islamiyah (JI). Dua kelompok ini terafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Berikut 6 kelompok teroris di Asia Tenggara yang berada dalam daftar CIA:

  1. Jamaah Ansharut Daulah (JAD)

Kelompok ini bertujuan untuk membentuk sistem khilafah di negara Indonesia dengan memperluas jaringannya di seluruh penjuru tanah air.

  1. Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)

Kelompok ini juga bertujuan untuk menerapkan sistem syariah yang ketat di Indonesia. Penyebaran anggotanya tidak hanya di Indonesia namun ada juga di Filipina.

  1. Jamaah Islamiyah (JI)

Kelompok ini memiliki basis yang cukup kuat di Indonesia dan memiliki visi untuk menyebarkan pengaruh hingga ke seluruh Asia.

  1. Abu Sayyaf

Merupakan sebuah kelompok separatis yang berbasis di selatan Filpina. Wilayahnya meliputi Jolo, Basilan dan Mindanao. Kelompok ini juga memiliki visi untuk memperluas jaringannya ke Malaysia, Thailand dan Indonesia.

  1. Communist Party of the Philippines/New People’s Army (CPP/NPA)

Kelompok ini bertujuan untuk merusak perekonomian Filipina dan mendorong pemberontakan terhadap pemerintah. CPP/NPA berbasis di banyak titik di Filipina, teruma di pedesaan.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini