Ilustrasi Pasar Kuliner Berbuka Benhil. (indonesiashoppingcenter.com)

MINEWS.ID, JAKARTA – Salah satu kegiatan paling digemari Muslim saat Ramadhan adalah berburu kuliner untuk iftar atau berbuka puasa.

Di Jakarta ini banyak tempat yang menjadi favorit para pemburu kuliner iftar. Di situ kita bahkan bisa menemukan jajanan yang tidak pernah dijual di bulan lain selain Ramadhan.

MINEWS.ID mencatat 10 tempat yang dari tahun ke tahun dikenal sebagai lokasi berburu kuliner khas Ramadhan itu.

1.Pasar Benhil

Tempat ini paling terkenal di seantero Jakarta untuk berburu kuliner iftar. Lokasinya sangat strategis yaitu di depan Pasar Benhil sepanjang 100 meteran. Kita bisa menemukan kue-kue tradisional hingga makanan berat seperti sayur dan lauk
seperti ikan bakar, ayam bakar, dan lain sebagainya, bisa dengan mudah ditemukan di sana.

Satu jam sebelum waktu berbuka dijamin tempat itu sangat penuh para pemburu kuliner iftar. Sebab, lokasinya di tengah pusat perkantoran Sudirman-Thamrin sehingga banyak pegawai yang pulang kerja mampir untuk membawa makanan berbuka.

Ratusan penjual mulai menjajakan makanan di tenda-tenda di Pasar Benhil sejak pukul 11.00 hingga 18.00 WIB.

2.Jalan Panjang

Jalan panjang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Selama bulan ramadhan, warga sekitar menyulapnya menjadi pasar kaget, sehingga lalu-lintas kendaraan di sekitar itu sulit menembus keramaian para pemburu kuliner iftar.

Menu yang bisa dibeli di sini juga beragam seperti biji salak, bubur sum sum, kacang hijau, berbagai macam kue, es buah, maupun olahan mie dan bihun. Seperti halnya Pasar Benhil, lokasi itu juga sudah lama menjadi favorit para pemburu kuliner iftar.

3. Kramat Raya

Lokasi yang ada di sekitar Perempatan Pasar Senen itu khusus menyediakan makanan khas Minangkabau. Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan seperti nasi kapau, lemang tapai, bubur kampiun, srikaya telur, dan masih banyak pilihan lainnya.

Para Penjual yang menggunakan tenda itu sehari-harinya buka 24 jam. Namun, saat Ramadhan mereka buka warung menjelang berbuka hingga waktu sahur.

4. Gandaria

Di sana lebih dikenal dengan penjual kuliner iftar segar seperti kelapa muda dan minuman penyegar tubuh lainnya untuk berbuka seperti sop buah maupun es campur. Selain itu sejumlah penganan ringan seperti kue lapis dan panada juga sudah dikenal para pemburu iftar sejak lama.

5. Masjid Sunda Kelapa

Di kawasan ini kamu juga bisa menemukan banyak jenis makanan berbuka terutama kue-kue tradisional. Makanan khas betawi seperti ketoprak dan makanan berat lainnya.

Karena lokasinya di area masjid, Kamu juga bisa ngabuburit, melakukan solat maghrib, dan tarawih sekaligus.

6. Jalan Soka

Tempat itu berada di Jakarta Utara, tepatnya di Kawasan Rawa Badak, tidak jauh dari Pasar Plumpang yang terkenal.

Lokasinya tidak sebesar pusat kuliner iftar lainnya, tetapi masyarakat sekitar sudah mengenalnya sejak lama.

Pasar kuliner iftar di situ, diorganisir karang taruna setempat. Jadi lebih rapi dan teratur.

7. Lapangan Blok S

Di hari biasa kawasan itu memang menjadi pusat kuliner. Namun saat Ramadhan lebih banyak lagi yang berjualan di sana. Jenis makanannya relatif sama dengan tempat kuliner iftar lainnya.

8. Wisata Kota Tua

Lokasi yang berdekatan dengan Museum Kota Tua dan Stasiun Kota akan berubah menjadi pusat kuliner iftar saat menjelang berbuka selama Ramadhan.

Saat sore halaman Museum Fatahilah juga menjadi favorit untuk melakukan ngababurit menunggu berbuka.

9. Masjid Pondok Indah

Masjid yang juga kerap didatangi para artis ini juga asyik untuk ngababurit. Penjual kuliner iftar biasanya sudah mulai menggelar dagangan sejak pukul 14.00 WIB dan tutup sesudah jamaah terawih di masjid itu bubar. Selain makanan buka puasa, penjual di sini juga buka saat sahur.

10. Komplek Jatiwaringin Asri

Saat ramadan tiba, pelataran kompleks Jatiwaringin Asri menjelma menjadi salah satu tujuan wisata kuliner dari sore hingga malam hari. Hidangan yang ditawarkan di antaranya martabak, chinese food, sate, dan masih banyak lagi.

Namun khusus bulan Ramadan, pedagang semakin ramai oleh penjaja jajanan berbuka seperti kolak dan bubur sumsum.