Ini Daftar Penyebab Kecelakaan Maut di Tol Cipularang Sejak 2011

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Jalan Tol Cipularang (Cikampek – Purwakarta – Padalarang) yang menghubungkan Jakarta-Bandung dianggap sebagai jalur paling efektif menghubungkan kedua kota tersebut. Di sisi lain, jalur yang selesai 2005 tersebut hingga kini dianggap jalan raya paling banyak menelan korban jiwa, terutama mereka yang mengarah ke Jakarta.

Berikut kendaraan yang mengakibatkan kehilangan banyak nyawa melayang di Cipularang sejak 2011 hingga 2017.

Toyota Avanza Saipul Jamil

Penyanyi dangdut itu tampaknya menjadi korban pertama Cipularang di KM 93+6 pada tahun 2011. Kecelakaan itu mengakibatkan istri Saipul, Virginia Anggraeni atau akrab disapa Egi, meninggal dunia. Saat itu Saipul dan rombongan mengarah ke Jakarta

Travel Elf

Travel jurusan Kebumen – Jakarta juga mengalami kecelakaan di KM 93 +6 pada 7 September 2011. Kecelakaan terjadi karena sopir kehilangan kendali, mobil lalu membentur bagian belakang truk di KM 93. Kecelakaan ini mengakibatkan 6 orang tewas.

Bus Pariwisata

Peristiwa 22 Desember 2012 tersebut terjadi di KM 100 saat bus tersebut oleng hingga pindah ke lajur lambat hingga menabrak truk tronton pengangkut pasir. Bus yang mengangkut warga Purbalingga yang ingin ke Masjid Kubah Mas, Depok tersebut hancur bagian depannya. Tujuh orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka.

Daihatsu Xenia dan Nissan Juke

Pada 7 April 2013 terjadi lagi kecelakaan di Cipularang tepatnya KM 135 +700. Nissan Juke tiba-tiba saja lepas kendali hingga masuk jalur berlawanan dan menghantam minibus Xenia. Lima orang tewas.

Suzuki APV

Tiga orang meninggal dunia dan enam luka-luka akibat tabrakan Suzuki APV dengan truk tronton di Tol Cipularang Kilometer 87 wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu 26 April 2014.

Kecelakaan terjadi saat minibus APV melaju dari arah Bandung menuju Jakarta dengan kecepatan tinggi. Di kilometer 87, minibus itu menghantam truk tronton yang berada di depannya.

Truk

Truk dengan nomor polisi Z 9421 DB rusak parah setelah menabrak truk tronton di ruas Tol Cipularang kilometer 93 dari arah Jakarta menuju Bandung, Jawa Barat pada, Minggu 15 Februari 2015.

Akibat kecelakaan tersebut dua orang penumpang truk tewas seketika. Sementara itu 7 orang penumpang truk luka serius.

Truk Colt Diesel

Dua orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di jalan Tol Cipularang KM 96+400, wilayah Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kecelakaan itu berawal saat truk Colt diesel yang melaju kencang dari arah Jakarta menuju Bandung. Sesampainya di jalan Tol Cipularang KM 96+400, kendaraan itu menabrak kendaraan lain yang ada di depannya.

Truk Kontainer

Kecelakaan maut terjadi di KM 91 Tol Cipularang dari Bandung ke arah Jakarta. Kecelakaan beruntun di kawasan Purwakara ini melibatkan 11 unit kendaraan.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 21.00 WIB disebabkan truk kontainer bernomor polisi B 9769 UIV, yang melaju dari arah Bandung menuju Jakarta, kehilangan kendali. Truk tersebut oleng dan menghantam sejumlah kendaraan di depannya.

Empat orang tewas dan belasan lain luka-luka akibat kejadian ini.
Berhati-hatilah dalam berkendaraan, meskipun jalur tol merupakan jalur bebas hambatan. Bukan berarti kejadian seperti kecelakaan bisa dihindarkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini