Ilustrasi belajar di sekolah
Ilustrasi belajar di sekolah

MATA INDONESIA, JAKARTA –¬†Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) mencatat, hingga kini sudah ada 14 provinsi yang menyatakan kesiapan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud Jumeri berkata, tidak semua kabupaten/kota dalam 14 provinsi tersebut yang siap melaksanakan pembelajaran tatap muka, melainkan hanya parsial saja.

“Daerah yang sudah siap adalah ada 14 daerah. Meskipun setiap daerah itu tidak ada yang mutlak, tidak ada yang 100 persen bisa siap,” kata Jumeri, Selasa 5 Januari 2021.

Kemudian, ia juga menuturkan, ada empat provinsi yang melaksanakan pembelajaran campuran, dan 16 provinsi menyatakan belum siap.

“Saya sering mendapatkan pertanyaan apakah SKB 4 Menteri akan dicabut dengan banyak daerah yang menunda PTM (pembelajaran tatap muka). SKB ini gak akan dicabut, karena SKB itu udah tepat,” ujarnya.

Pasalnya SKB itu telah memberikan keleluasaan bagi daerah ihwal pembukaan sekolah pada 2021 ini. Hal ini mengingat Pemerintah Daerahlah yang paling mafhum soal kondisi pandemi Covid-19 di daerahnya masing-masing. Oleh karenanya SKB itu membebaskan keputusan untuk membuka sekolah selama pandemi kepada Pemerintah Daerah.

Adapun keempat belas daerah yang siap melakukan pembelajaran tatap muka tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jawa Barat

2. DI Yogyakarta

3. Raiu

4. Sumatera Selatan

5. Lampung

6. Kalimantan Tengah

7. Sulawesi Utara

8. Sulawesi Tenggara

9. Bali

10. Nusa Tenggara Barat

11. Maluku Utara

12. Bangka Belitung

13. Kepulauan Riau, dan

14. Sulawesi Barat

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here