Ini Bukti Hitam Itu Cantik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Persepsi cantik adalah berkulit putih, tampaknya sudah mulai ditinggalkan. Terbukti Miss Universe 2019 diberikan kepada Zozbini Tunzi, seorang perempuan berkulit hitam asal Afrika Selatan.

Ternyata Zozbini bukan perempuan berkulit hitam pertama yang memenangkan mahkota ajang ratu kecantikan. Menurut penelusuran Mata Indonesia setidaknya ada enam perempuan kulit hitam lainnya yang pernah memenangi kontes serupa. Berikut rangkumannya:

1. Zozibini Tunzi


Perempuan asal Afrika Selatan ini berhasil meraih mahkota di ajang kecantikan Miss Universe 2019 dan disebut sebagai perempuan yang “Bangga Menyokong Kecantikan Alami” oleh penyelenggara Miss Universe.

2. Janelle Commisiong

Perempuan dari Port of Spain, Trinidad and Tobago ini lah yang menjadi orang berkulit hitam pertama yang memenangi kontes kecantikan dunia bergengsi tersebut 1977.

pemenang gelar Miss Universe pertama berkulit hitam pada tahun 1977. Selama menjadi Miss Universe, dia memberi advokasi publik untuk hak-hak warga kulit hitam di negara yang sedang menghadapi diskriminasi rasial dan diperlakukan sebagai golongan minoritas.

3. Chelsea Smith


Pemenang Miss Universe tahun 1995 ini merupakan Afro–Amerika. Saat mengikuti kontes tersebut dia mendapat nilai tertinggi sehingga memukau para penonton dan juri.

4. Wendy Fitzwilliam

Bukan cuma Janelle Commisiong, perempuan Trinidad dan Tobago ini juga meraih gelar Miss Universe 1998. Setelah masa keratuannya berakhir Janelle pun sering diminta sebagai juri beberapa kontes kecantikan regional dan internasional seperti Miss Guyana, Miss Trinidad and Tobago serta Miss Universe.

5. Mpule Kwelagobe


Di tahun 1999 perempuan kelahiran Gaborone, Botswan ini memenangkan kontes kecantikan Miss Universe dan setelah itu aktif di lembaga advokasi HIV/AIDS.

6. Leila Luliana da Costa Vieira Lopes


Leila yang berasal dari Angola dinobatkan menjadi Miss Universe pada tahun 2011. Perempuan dengan tinggi 179 centimeter itu memiliki karisma dan kecerdasan di atas rata-rata membuatnya berhasil masuk lima besar kontes Miss Universe.

7. Dee-Ann Kentish-Rogers 


Wanita kelahiran Birmingham ini memang tidak menang sebagai Miss Universe melainkan hanya masuk 20 besar saja. Namun dia berhasil meraih Miss Universe Great Britain 2018 dan menjadi perempuan berkulit hitam pertama yang mewakili Inggris dalam kontes kecantikan tersebut.(Yuri Giantini)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini