Ini Alasan Thermo Gun Harus Diarahkan ke Dahi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidak ada alasan untuk khawatir merusak otak saat suhu tubuh kita diperiksa menggunakan pistol pengukur suhu atau thermo gun badan manusia. Sedangkan dahi merupakan spot yang suhunya mendekati temparatur badan inti.

Menurut anggota Tim Pakar Satgas Penanganan Covid19, dr Budi Santoso, MRes untuk mengukur suhu tubuh inti memang bisa melalui dahi, lubang telinga, rongga mulut, ketiak dan dubur.

“Bagian kepala dan badan, suhu tubuhnya paling mendekati dengan suhu tubuh inti,” ujar Budi di Jakarta, Jumat 7 Agustus 2020.

Sedangkan suhu di bagian tangan dan kaki, menurut dokter itu, sudah jauh dari suhu tubuh inti sehingga datanya tidak akurat.

Sementara dr Shela Rachmayanti menegaskan bahwa termometer tidak mengeluarkan radiasi yang membahayakan otak atau sarah mata.

Dia mengingatkan agar thermo gun yang digunakan mengukur suhu tubuh manusia bukan untuk mengukur suhu ruangan. Alat itu memiliki batas akurasi yang lebih rendah dari pistol suhu untuk manusia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini