Ini Alasan Presiden Jokowi Pilih Dua Wilayah Ini Jadi Ibu Kota Baru

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki alasan kenapa Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur dipilih menjadi ibu kota negara.

Menurutnya lokasi ini paling ideal dan cocok untuk menjadi ibu kota baru pengganti DKI Jakarta. Namun, orang nomor satu di Indonesia ini mengungkapkan pertimbangan pemerintah memilih dua kabupaten itu sebagai ibu kota baru. Setidaknya ada lima pertimbangan.

Pertama, Provinsi Kalimantan Timur minim risiko bencana, baik itu bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, hingga tanah longsor.

Kedua, Provinsi Kalimantan Timur sangat strategis karena secara geografis berada persis di tengah Indonesia. “Lokasi strategis di tengah Indonesia.”

Ketiga, lokasi calon ibu kota baru berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang yaitu Balikpapan dan Samarinda.

Keempat, infrastruktur di dua kabupaten itu sudah relatif lengkap. Terakhir, pemerintah sudah menyiapkan lahan luas di calon ibu kota baru. “Tersedia lahan yang dikuasai pemerintah 180.000 hektare,” katanya.

 

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini