Ini Alasan Nissan GTR Dijuluki “Pembunuh”

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Salah satu julukan untuk Nissan GT R adalah ‘The Killer’ atau pembunuh. Bukan sengaja dibuat untuk membunuh manusia yang menungganginya seperti Wakil Jaksa Agung RI tetapi membunuh atau mengalahkan supercar lain seperti Ferrari atau Lamborghini apala di seri terbarunya yang dikeluarkan tahun GT R50.

Hebatnya, untuk mengalahkan super car eropa bermesin besar, empat takumi Nissan tidak ikut-ikutan menciptakan mesin besar. Takumi adalah julukan orang Jepang kepada orang-orang yang ahli di bidangnya sehingga menghasilkan sesuatu yang melebihi produk biasa.

Pembuatan mesin GT R memang diserahkan kepada para takumi tersebut dan dikerjakan dengan super teliti sehingga benar-benar menghasilkan tenaga yang optimal dengan dimensi mesin yang relatif lebih kecil dari mobil sport Eropa atau Amerika.

Jika Lamborghini Aventador atau Ferrari Spider menggunakan mesin V12 dan V8 untuk menghasilkan kekuatan di hampir 600 tenaga kuda, para takumi Nissan hanya membutuhkan mesin V6 untuk menghasilkan daya mesin setara.

Apalagi GT R50 yang dirancang dan dibuat di Italia bakal benar-benar membunuh Ferrari dan Lambo karena mesinnya bisa menghasilkan 711 tenaga kuda yang menurut laman mobil sport Top Gear setara dengan Ferrari F8 Tributo.

gtr501
Nissan GTR 50 dijuluki “pembunuh” supercar. (topgear)

Masih seperti seri GTR sebelumnya, mesin GT R50 tetap didukung oleh V6 3,8 liter. Sekali lagi hanya empat takumi yang menggarapnya.

Angka 50 di belakang GTR bukan sekadar menunjukkan seri mobil sport kebanggaan Jepang itu, tetapi juga menunjukkan banyaknya unit yang diproduksi.

Ya benar hanya, 50 unit saja untuk seluruh dunia sehingga harga satu unitnya jadi gila-gilaan, mengalahkan mobil sport Eropa.

gtr502
Nissan GTR50 dijuluki pembunuh supercar. (topgear)

GTR50 itu dibanderol 885 ribu euro atau setara Rp 15,6 miliar. Sedangkan harga rata-rata Lambo atau Ferrari di Indonesia sekitar Rp 5 miliar sampai dengan Rp 10 miliar.

Produksi 50 unit GTR itu juga menandai eksistensi mobil sport Jepang yang paling digemari pecinta kecepatan di dunia tersebut sejak mengeluarkan seri pertamanya 1969 disebut dengan Nissan Skyline.

Produksi GTR 50 itu juga semakin mengukuhkannya sebagai pembunuh supercar.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini