Jokowi melihat perkembangan vaksin covid-19 di Biofarma
Jokowi melihat perkembangan vaksin covid-19 di Biofarma

MATA INDONESIA, JAKARTA – Alasan Indonesia memilih Vaksin Sinovac untuk mengakhiri pandemi Covid19 karena platform pembuatan vaksinnya sama dengan PT Bio Farma. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Vaksin dari Bio Farma, Bambang Heriyanto kepada Mata Indonesia News, Jumat 12 Februari 2021.

“Sinovac pernah menjadi partner Bio Farma dan ketika kita kontak mau bekerja sama,” ujar Bambang.

Menurut Bambang kesediaan Sinovac bekerja sama dalam pengadaan vaksin Covid19 merupakan sebuah keuntungan bagi Indonesia, sebab di tengah pandemi seperti sekarang tidak mudah mencari vaksin. Setiap negara yang memiliki produsen vaksin akan mengamankan kebutuhan mereka terlebih dahulu.

Selain itu, Sinovac merupakan salah satu dari 15 produsen vaksin Covid19 tercepat di dunia karena sudah lebih dahulu menjalani uji preklinis hingga uji klinis 1-3 di beberapa negara sampai mendapat izin edar darurat atau emergency use autorization.

Artinya, tingkat keamanan dan kemanjurannya sudah diketahui baik yaitu di atas standar WHO. Dalam hal efikasi dari uji klinis tahap 3 yang dilakukan di Bandung menunjukkan tingkat kemanjurannya mencapai 65,3 persen sehingga mampu menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity.

Selain itu, platform pembuatan vaksin Sinovac sama dengan Bio Farma sehingga akan memudahkan proses transfer teknologi sehingga kita buat sendiri vaksin tersebut. Platform itu adalah virus yang dimatikan.

Sinovac juga sudah lama meneliti pembuatan vaksin tersebut saat ditemukannya Virus SARS-Cov-1 yang menurut diprediksi WHO saat itu akan mengakibatkan pandemi, beruntung saat itu tidak terjadi.

Bambang menegaskan Vaksin Sinovac sudah dijamin aman dan berkhaisat karena melalui tahap pengujian yang panjang.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here