Ini 5 Tips Sandiaga Uno Agar Bisnis Tetap Jalan di Tengah Wabah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno memiliki kiat agar pengusaha melalui masa sulit di tengah wabah Covid19 yang disebarkan virus corona sekarang. Ada lima kiat yang dia sebut sebagai ‘vitapreneur’ atau suplemen yang dibutuhkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan entrepreneur.

Menurut Sandi, pertama, harus mengelola dana tunai dengan hati-hati dan melakukan penghematan serta memutakhirkan rencana bisnis dengan memasukkan mitigasi krisis.

Hal itu harus dilakukan karena dana tunai UMKM itu terbatas sehingga perlu dianalisis mana biaya yang bisa dipotong. Tetapi dia mengingatkan kewajiban kepada karyawan harus diutamakan.

Tips kedua dari Sandi, adalah melakukan adaptasi dengan kondisi normal yang baru dengan tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan diri, keluarga, dan karyawan.

Menurut mantan calon wakil presiden itu, kondisi yang terjadi pada wabah ini menuntut pengusaha memanfaatkan peluang baru yang timbul. Artinya harus mengoptimalkan digitalisasi. “Artinya jualannya online, marketingnya juga online, pembayaran juga,” kata Sandi.

Tips ketiga, memanfaatkan jejaring untuk bisa bertahan dan tetap optimistis menghadapi krisis.

Tips keempat, meningkatkan kualitas diri dengan pelatihan-pelatihan.

Tips kelima adalah percaya bahwa semua kesulitan ini pasti berlalu. Kita harus tenang walaupun kita waspada. Kita saling melindungi, tenun kebangsaan kita saat ini sedang diuji.

Menurut dia, kondisi sekarang seharusnya menjadi wake up call atas ketidakmandirian pangan, maraknya impor dan sistem ekonomi yang terlalu berat ke pemodal besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini