Ingin Dapat Paket Sembako dan BLT dari Presiden Jokowi? Cek Syaratnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan paket sembako dan bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 600 ribu per kepala keluarga (KK) per bulan selama tiga bulan ke depan kepada warga yang terdampak pandemic virus corona di Indonesia.

Apa saja syarat untuk mendapatkan paket sembako dan BLT dari Jokowi?

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan paket sembako akan diberikan secara ‘cuma-cuma’ kepada masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Ia mencatat setidaknya ada 2,5 juta jiwa atau 1,2 juta KK di Jakarta dan 1,6 juta atau 576 ribu KK di Bodetabek yang akan mendapat paket sembako ini.

Masyarakat yang bisa menerima bantuan sosial (bansos) ini adalah mereka yang sudah terdata sebagai keluarga penerima manfaat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Data yang kami gunakan adalah keluarga yang ada di dalam data terpadu DTKS, ditambah masukan tambahan data-data dari pemda,” ujar Juliari.

Rencananya, pemerintah akan memberikan paket sembako ini pada bulan ini sampai tiga bulan ke depan. Saat ini, pemerintah tengah menyesuaikan data keluarga penerima manfaat di pusat dan daerah.

Sementara, BLT senilai Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan rencananya diberikan kepada masyarakat di luar Jabodetabek. Untuk sasaran ini, pemerintah juga akan memberikan BLT kepada keluarga penerima manfaat yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos dan pemda di luar Jabodetabek.

“Siapa yang menerima adalah seluruh seluruh keluarga yang ada di dalam data terpadu kami, yang belum terima bansos seperti PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), ataupun nanti Kartu Prakerja,” katanya.

Saat ini, setidaknya ada 9 juta jiwa yang masuk radar pemberian BLT dari pemerintah pusat. Namun, Juliari mengatakan pemerintah masih menyisir data tersebut, sehingga belum pasti.

Sementara secara keseluruhan, pemerintah menganggarkan dana senilai Rp 110 triliun untuk insentif perlindungan sosial bagi masyarakat di tengah pandemi corona. Dari dana tersebut, sekitar Rp 25 triliun untuk program paket sembako bagi masyarakat.

Sisanya, untuk Program Kartu Sembako mencapai Rp 20 triliun, Kartu Prakerja Rp 20 triliun, dan Program Keluarga Harapan (PKH). Kemudian, juga untuk gratis listrik tiga bulan untuk 24 juta pelanggan berdaya 450 VA dan diskon 50 persen bagi 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi serta insentif perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah mencapai 175 ribu unit rumah.

54 KOMENTAR

  1. saya tinggal di ragajaya,ktp dan kk saya, cipayung jaya, tapi saya gak dapet bantuan blt yg di viralkan itu! karena menurut rt ragajaya sy harus ke Cipayung jaya,sedangkan menurut rt cipayung jaya saya gak dapat karena tinggal di ragajaya.lah kok jafi di ombang ambing .bgini orang susah tuh di bantu bukan di ombang ambing, dah jelas data saya kk ktp saya cipayung jaya,harusnya bantuan sy dapat di cipayung jaya…ini malah sana gak dapet sini gak dapet.kemana jatah saya pak presiden?????data saya udah masuk kok di dinsos sudah survei juga bikin kis gratis juga udah jadi kenapa bikin ktp byr giliran bantuan gak pernah dapet?????

  2. No KK 3173070503131002
    Jl.KS. Tubun 1
    Kota bambu Selatan
    Palmerah
    JKT – BRT
    Kode pos :11420
    Kami belum dpt bantuan RT setempat.
    Tolong saya pak..

  3. Pa saya penerima PKH yg mendapat kan uang sama beras,semenjak kartu PKH saya hilang saya ganti kebank tetapi saya cuma mendapatkan uang saja beras dan yg lainnya sudah lama juga tidak turun kenapa ya pa saya mohon bantuannya dan saya pun mempunyai anak dengan disabilitas berat dia tidak bisa bicara,tidak mendengar, tidak melihat

  4. Saya tinggal di pademangan barat rt08 rw08, kk dan ktp saya di pademangan barat dan tinggal di sini sudah lama. Tgl 13 april datang bansos berupa sembako, tapi sy tidak mendapatkannya. Dengan alasan bu rt nama saya tidak ada. Kenapa bisa begitu kok tdk ada nama saya? Aneh?!
    Mohon dibantu…

  5. Bantuan g tepat sasaran…..justru yang pada tinggal di kontrakan g dapet….hadeh gimana sih…..padahal yg perlu di bantu itu mayoritas yg tidak punya rumah alias ngontrakan…..cb di cek data nya.banyak yg g dapet…..n yang dapet kebanyakan yg pada punya rumah sendiri…..tolong rubah systemnya…datengin door to door.itu lebih tepat sasaran…..

  6. saya tinggal di sidamukti rt 04 rw 010 n0 14 kel sukamaju kec cilodong saya tinggal disana udah lama yang gak pernah dapat BLT apa bantuan buat anak sekolah (KIP), apa lagi kerajaan saya cuma ob tolong bantuannya sebelumnya dan sudahnya terima kasih

  7. Sy mau tanya semenjak tahun 2019 kok dana bantuan hilang…..pdhl thun 2019 sy mendapat kn dana sebesar 750 rb…tp setahun ini tdk dpt bantuan apa2 pdhl sy butuh untuk biaya harian dn biaya anak sekolah

  8. Selamet siang pak,kami nama.usup supriadi dari kp ranji Rt 02/07 desa telukpinang .kec.ciawi .kab bogor
    Sampe sekarang blm dapet bantuan dari musibah nya pandemik corona??

  9. saya rumah kontrakan di depok , kk jakarta anak saya 2 org sekolah di jakarta..minta bantuan sosial krn covid tdk di kasih pak rt …saya sdh bilang sangat membutuhkan saat ini…apa dgn saya minta sembako di jakarta saya jadi kaya.

  10. Saya tidak dapat bantuan.padasshal tempat usaha kami ditutup.saya bingung anak2 mau makan apa.untuk itu saya minta bantua.dan klo bisa pinjaman dana dari pemerintah untuk masa depan.dan modal usaha..bagaimana dan dima sy bisa dapat bantuan

  11. Saya sudah cek ke siks dataku tetapi kenapa d tulisan itu nama sm nik periksa kembali sedangkan saya sudah sensus online data sesuai dengan KK suami hanya tukang bangunan yg sekarang tidak bekerja selama covin ini bagaimana kami urus kontrakan sm yang lain tolong solusinya

  12. Kami warga tionghua indonesia
    Yg lahir di indonesia ..tinggal dijakarta barat kecamatan tambora kelurahan kalianyer ..golongan yg paling bawa..tidak pernah mendapatkan batuan apapun ..bukan hanya ada covid 19..bantuan biasa aja tidak pernah..sejak ada bantuan blt..ada yg terima sampai 3 kali sambil ketawa tawa..kami warga tionghua indonesia hanya bisa lihat orang terima dan tawa..terimakasih..

  13. Keluhan saya sama ,sepeti yg lain.. di daerah saya bayak yg salah sasaran bantuan… rumah2 .. komlep besar,yg kecukupan semaua pd dapat,dan saya tingal di pingiran comlek. Astabirllah.. alhadulillah. Pak. Belum dpt sm sekalian bantuan pemerintah. Enah di mana yg salah. Jl.gendang rt.02/01. Kel.p.bambu.kec.duren sawit. Mohon . Di cek an di tlusuri.thx

  14. Saya warga kota medan kelurahan glugur darat belum mendapat bantuan tunai dari pemerintah,saya cuman kerja sebagai driver ojol grab.cuman dapat beras 5 kilo j dari pemerintah selama corona ini.bantuan tunainya saya berharaplah dengan keadaan ini.

  15. pak suami saya gak punya Kartu PKH trs g pny kartu bansos non tunai juga g punya kartu pra kerja..saya cm buruh harian sebagai tukang parkir di dpn skolahan..semenjak sekolah libur suami saya sdh g bisa krja..tapi kenapa kami g dpt kartu BLT..pdhl suami saya menghidupi anak istri..

  16. Suami saya tukang bangunan….skrg tidak krja lagi sejak d non aktif kan karna corona ini…selama ini tdak sekalipun mendapat bantuan apapun….kontrakan tiap bulan…biaya hidup untuk mkn saja susah….alasan kami tdak dpat bantuan karna kk dan ktp tidak sesuai domisili skrg….mengadu sama allah saja lah lagi….

  17. Assalamualaikum…
    Tolong pak Jokowi Pemimpin yg baik hati
    Alangkah baik nya Banpres atau bansos itu RT/RW setempat dilibatkan kan ,agar tepat sasaran karna bencana pademi Corona 19 ini Nasional BKN hanya orng susah .jgn pura” jd orng susah yg nyatanya makmur di blkng .Terimakasih

  18. Assalamualaikum..
    Saya warga Lenteng Agung Rt 03/04, saat ini suami sdg stroke sdh 1thn, sy sdh dr thn 2019 ikt dftr BANSOS, tp smp skrg g prnh ad kabar beritanya, pdhl tetangga yg lain sdh ad yg dpt
    Sdh berapa kali d suruh mengumpulkan KK dan KTP , katanya utk Bansos, utk sembako PSBB , tp smp sekarang g jelas
    Sy cuma d suruh tunggu – tunggu melulu
    Kalau memang sy tidak masuk dlm kategori, harus nya ad penjelasannya dong

  19. Tolong dicek ulang datanya yang dari desa karna masih belum akurat..kalau bisa dari dinas sosial cek langsung ke desa2 supaya bantuan dari kemensos tepat sasaran,karna bantuan di desa masih banyak yang timbanf pilih.

  20. Bpa sy seorang guru GTT asal soe (TTS)sy mengajar di Sumba Barat Daya jauh dari keluarga.seblum datang musibah virus ini sy dengn anak-anak yg tinggl di mes dan merka bersekolah,keadaan kami biasa sja.kami jual kue n bisa memenuhi smua kbutuhan kami.tpi skarang susah btul Bpa.sy jga memilik kartu keluarga tpi tdk dpat bantuan dari desa karna kami bukan asli stempat.kami susah Bpa.kami masak jagung dan mkan selama ini.sambil berdoa smoga Tuhan menjmah hati orang yg kami knal agar membntu kami.kami berdoa smoga virus ini cpat berlalu dan kami bisah kmbli sperti dulu.tdk mengalami pergumulan brat sprti ini.mf Bpa sy ingin brtanya.apa punya kartu keluarga tpi blum beristri n tapung beberapa anak untuk sekolah bisa mendapatkan dana BLT?Sekian dari kami Bpa.Tuhan membrkati Bpa dan seluruh staff dalam stiap tugas dan tanggung jwab untk NKRI tercinta ini AMIN

  21. Saya bernama minarti sampe saat ini belum pernah dapat bantuan..saya tinggal di jln papanggo2c..rt004/03 kelurahan papango
    Kerja saya cuma art..rmh saya ngontrak..ada bantuan malah yg punya kontrakan dapat bantuan

  22. Disumatra utara kabupaten langkat bantuan salah sasaran terus.kami yg masih nyewa nyewapun ngk pernah dapat bantuan apapun baik itu uang maupun pangan.sedang kan yg sudah punya rumah pribadi banyak yg dapat pak.memang betul kata masyarakat pak,kalau kita saudara kepling baru kita dapat bantuan.
    Mohon pencerahan,dan toleransinya pak

  23. Malah yg dpt bntuan d tmpt sya orng2 yg mampu bahkn yg pnya bnyk kontrakn,sdng sya yg bnr2 trdampak tdk dpt bntuan apapun smpe skrng,sejak psbb d jabar suami d rumahkn hingga usai lebarn itu jg blm psti,tlong sampaikn k pihak yg mmberi bantuan,trm ksh????

  24. Saya dari jawa tengah sampai saat ini belum ada data daftaran yang dapat blt atau bansos dari pemerintahan desa bulusari kecamatan bulakamba kabupaten brebes bulan april udah mau habis tanggalnya belum ada kabar2nya gimana pak, mohon di teliti per kecamatan nya mksh

    • Alhamdulillah saya dapat bantuan pangan dari presiden
      Walaupun selama ini cuma dapat bantuan itu tetep Alhamdulillah,
      Padahal yg lain selalu dapat setiap ada program bantuan uang tunai dan pangan dll,
      PHK pun tak dapat apa2?,prakerja tak lolos?,sementara yg bekerja pada dapat, ada yg 1rmh dapet bantuan komplit dari segala program, entah info dari mana dan daftar pakai nik/KK??,thanks

  25. Suami saya cuman kerja nya cuman jadi celening servis,,tapi sampai saat ini belom dapat bantuan apa2,malah gaji kerja nya berkurang,, jadi untuk memenuh i kebutuhaan aja kurang,, sedang kan kami punya anak 3 masih kecil2 semua,, gi mana ini tangap aan dari pemerintah

  26. Ktnyg datany blm ad didata RT Setempat tp data udnh diksh sampe skrg blm jg dpt bantuan padahal semuany udh pd dpt..sampe skrg gk ad kejelasanny…#Daerah kebagusan III jaksel#
    Mgkn ad jg yg blm dpt tp mereka gk berani bilang

  27. Kepala Bapak Presiden jokowi yg terhormat.mohon maaf sya cuman saran kan.mending pemerintah turun kasi sembako k rumah secara lngsung.d banding k RT.karna RT skrg lebih mementingkan keluarga saudara dan kerabat deket d banding warna yg susah.dengan alasan.sembako nya tida memadai atau kurang dri kartu keluarga.misalkan 1 RT kk nya ada 200.dia bilang cuman sembako nya ada 100.jadi yg 100 lagi kgk k bagian bilang nya gitu

  28. Kl tuk yg domisili di wilayah Jawa barat bisa di cek di pikobar,nanti bisa ketahuan bpk/ibu penerima bantuan yg jenis apa,, memang tdk semua dpt bantuan tp coba dicek aja di aplikasi pikobar

  29. Assalamualaikum pak,mohon perhatiannya kepada pemerintah,kp.ujung harapan tepat’a gg assalam desa bahagia kec.BABELAN sama sekali ga ada bantuan dari bansos presiden/ dari bansos lainnya.pd hal di sana bnyak janda” miskin dan keluarga miskin yg terkena dampak covid-19,tolong donk pemerintah setempat tolong di perhatikan warga-warganya.

  30. Saya bernama:Lista Triharyanto Dawa
    Umur 17 tahun . Saya ingin mencari informasi terkait mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat , karena mengenai ekonomi sekarang sudah semakin lemah

    Sekian dan terimakasih dari saya
    Mohon di bantu dengan secepatnya

  31. Saya minta tolong sama pemerintah pusat , perhatikanlah kepada masyarakat miskin , agar mereka bisa kasih sekolah mereka punya anak-anak masing-masing karena adanya bantuan
    Maka Masyarakat miskin tadi bisa Membawa perubahan kehidupan untuk mencari perkembangan lagi

  32. Saya jafarin,saya sudah 5 bulan dirumahkan entah sampai kapan belum ada kepastian,dan sampai sekarang belum pernah mendapatkan bansos baik dari pemerintah pusat maupun dari
    Pemerintah daerah…kemana kami harus mengadu ???

  33. Semoga suara kami didengarkan
    Kami tinggal di perum Taman Bahagia Residence blok E no 2 Kel.Bahagia kec.Babelan
    Kab.Bekasi.
    Kami belum pernah mendapatkan bansos baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah…

  34. Sama aqu dari daerah malingping ..blum prnah dapt bantuan bpjs kopid atu blt .sumbangan dari pemerintah atau presiden..cuman dengar dari tetangga jh yg suka dapat

  35. Dari awal pembagian BLT dan pembagian sembako dari pemda maupun pusat/presiden saya blum sekalipun merasakan nya.
    Tapi alhamdulillahnya mertua yg dapet saya kadang di kasih.

  36. Maaf pak presiden…knp sy blom prnah nerima bantuan / sembako / PKH..sy ank ny banyak.. Boleh di katakan klo sy hidup ny miskin…klo emg gk percaya tolong di surve ajh….kemungkinan besar yg dapet mlah org2 yg kecukupan

  37. Orang tua saya masih tinggal didki jkta kk Jakarta tapi cuma pindah RT/RW saja pak , orang tua saya dari semenjak covid tidak dpt bantuan beras atau bantuan dari pak Jokowi yg diberitakan sembako diberikan senilai 600rb tapi tidak prnh dpt .. dari tmpat tinggal orang tua saya diberitahu tidak dpt dan di tempat kk RT yg tempat tinggal lama juga diberitahu tidak dapat bagaimana kelanjutannya pak .. prnh dapat itupun sekali kalinya yg dpt kotak coklat karna orang tua saya mendatangi ketika pembagian berkali kali tapi tidak dapat katanya sisa makannya dksh ..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini