Inflasi Indonesia Naik, Rupiah Menguat di Akhir Pekan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS ditutup menguat di akhir pekan, 11 Juni 2021. Mengutip data Bloomberg, rupiah menyudahi perdagangan hari ini di level 14.189 per dolar AS atau menguat 0,41 persen.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, laju rupiah ditopang oleh rilis data inflasi bulan Mei 2021. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) hasilnya tidak jauh dari ekspektasi pasar.

BPS melaporkan terjadi inflasi 0,32 persen pada Mei 2021 dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara dibandingkan Mei 2020, laju inflasi tercatat 1,68 persen. Inflasi inti dilaporkan tumbuh 1,37 persen YoY, sama persis dengan konsensus.

“Kenaikan inflasi tersebut bisa menjadi indikasi daya beli masyarakat yang membaik,” katanya, Jumat sore.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) melaporkan IKK periode Mei 2021 sebesar 104,4. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 101,5. IKK menggunakan angka 100 sebagai titik mula. Jika di atas 100, maka artinya konsumen optimistis memandang perekonomian baik saat ini hingga enam bulan mendatang.

“Konsumen yang semakin pede, menjadi indikasi peningkatan konsumsi, yang semakin menguatkan ekspektasi Indonesia lepas dari resesi di kuartal ini,” ujarnya.

Apalagi BI kemarin melaporkan penjualan ritel akhirnya mengalami pertumbuhan untuk pertama kalinya setelah mengalami kontraksi selama 16 bulan beruntun.

BI melaporkan, penjualan ritel yang dicerminkan oleh Indeks Penjualan Riil (IPR) pada April 2021 berada di 220,4. Naik 17,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya dan 15,6 persen dari April 2020.

Sementara dari mancanegera, penguatan mata uang garuda turut dibayangi oleh kenaikan inflasi AS yang sedikit lebih cepat dari perkiraan.

Adapun data inflasi AS yang dirilis pada hari Kamis mengatakan bahwa indeks harga konsumen inti (CPI) tumbuh lebih tinggi dari perkiraan 3,8 persen secara tahunan (YoY). Dan meningkat 0,7 persen secara bulanan (MoM).

“Pertumbuhannya berada di atas ekspektasi, tetapi di bawah pertumbuhan April,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini