Kebun kelapa sawit. (Foto: ist)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Industri kelapa sawit dari hulu ke hilir memberi kontribusi dalam menciptakan 16 juta lapangan pekerjaan di Indonesia. Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Pembinaan, Pengawasan Ketenagakerjaan, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang.

“Sektor sawit ini menampung banyak tenaga kerja, datanya sekitar 16 juta pekerja,” kata Haiyani Rumondang, Kamis, 7 Mei 2021.

Untuk itu, katanya, pemerintah perlu memberikan kemudahan usah dan iklim investasi yang kondusif di sektor perkebunan kelapa sawit. Sekaligus memberikan perlindungan sosial terhadap para tenaga kerja di bidang sawit.

“Diperlukan dorongan untuk menciptakan lapangan kerja khususnya di sektor sawit, di mana sektor sawit ini adalah salah satu sektor yang menyerap banyak tenaga kerja,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, sawit merupakan komoditas yang menjanjikan. Kendati dunia dihantam pandemi virus corona, industri sawit Indonesia bahkan berhasil bertahan dan tak terdampak, hal ini diungkapkan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

Bahkan, ekspor minyak sawit Indonesia mengalami lonjakan signifikan, yakni 62,7 persen secara bulanan (mtm) dari angka 1,99 juta ton meningkat menjadi 3,24 juta ton pada periode Maret 2021.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here