Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034?

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Mimpi negara-negara ASEAN menjadi tuan rumah Piala Dunia bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Namun, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah kerelaan untuk saling berbagi.

Hal ini disampaikan eks Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin yang berkata jika ASEAN mau berjuang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 mendatang, maka empat negara Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam harus menggelarnya bersamaan.

Keempat negara itu, menurut Khairy, adalah yang paling pantas menggelar kompetisi terbesar di dunia itu berdasarkan fasilitas, infrastruktur, serta kemampuan finansial.

“Tuan rumah tidak boleh lebih dari empat negara. Dua negara paling ideal, tapi keempat negara itu pantas untuk ASEAN,” kata Khairy, seperti dikutip dari OANA, Jumat 28 Juni 2019.

Selama ASEAN Summit ke-34 di Bangkok, Thailand pada pekan lalu, Ketua ASEAN yang juga Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan o-cha mengumumkan bahwa seluruh negara anggota setuju untuk mengajukan proposal sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Tapi, nama Indonesia masuk dalam bursa tuan rumah Piala Dunia bukan baru pertama kalinya berhembus. Sebelumnya, Australia mengajak Indonesia untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Keputusan pencalonan Indonesia dan Australia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 bahkan telah menjadi keputusan dalam Kongres AFF pada 22 Juni 2019 lalu. PSSI dikabarkan akan join dengan AFF sebagai otoritas sepak bola Australia dalam menggarap rencana besar tersebut.

 

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini