Indonesia Siap Tempur, Menhan Prabowo Berencana Beli Rudal dan Radar dari Swedia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencana membeli rudal dan radar buatan negara Swedia. Hal itu diungkapkan dirinya saat bertemu Dubes RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro.

Keduanya menjajaki peningkatan kerja sama sektor pertahanan RI-Swedia, antara lain dalam bidang pertahanan maritim, industri, teknologi, pendidikan pertahanan, penanggulangan terorisme, pasukan perdamaian, hingga kerja sama dan pelayanan kesehatan militer.

“Saya tertarik dengan teknologi sistem pertahanannya, khususnya rudal dan radar.” ujar Menteri Prabowo, dilansir siaran pers KBRI Stockholm, Kamis 21 November 2019.

Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) peningkatan kerjasama itu sebenarnya sudah diteken kedua negara pada 2016. Namun, DPR RI belum juga meratifikasi nota kesepahaman itu.

“Indonesia memerlukan pemenuhan kebutuhan persyaratan yang telah disepakati kedua belah pihak, yaitu adanya alih teknologi dan penggunaan bahan-bahan produk lokal. Swedia juga menjanjikan peluang job creation bagi Indonesia.” ujar Dubes Bagas.

Prabowo menyatakan ratifikasi segera dilakukan supaya peningkatan kerjasama bisa segera diimplementasikan. Prabowo kagum dengan kekuatan pertahanan Swedia. Pemerintah Indonesia mengharapkan adanya migrasi teknologi dari Swedia ke Indonesia di masa mendatang.

Tentara Indonesia, kata Prabowo juga perlu belajar ke luar negeri. Kerjasama Pertahanan sebagaimana tertuang dalam MoU tahun 2016 juga memberikan kesempatan bagi RI untuk bisa melihat dan mempelajari kemajuan teknologi Swedia.

“Saya juga ingin seluruh taruna kita belajar ke luar negeri, agar pemahaman tentang pertahanannya meningkat, juga kemampuan bahasanya. Saya yakin tentara-tentara kita akan jauh lebih unggul dibanding negara lain,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini