Indonesia Mulai Masuki Musim Hujan, Januari-Februari Jadi Puncaknya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Alhamdulillah, Indonesia perlahan memasuki fase musim hujan, setelah musim kemarau panjang yang penuh bencana, baik kebakaran hutan dan lahan maupun kekeringan ekstrem.

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indra Gustari mencatat, curah hujan akan meningkat pada Oktober dan November nanti.

“Januari dan Februari akan jadi puncaknya,” kata Indra di Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019.

Untuk prediksi Oktober ini, curah hujan berada pada level rendah hingga sedang di wilayah utara Indonesia. Sementara hujan baru akan merata pada November nanti, terutama di Jawa dengan kriteria menengah.

“Lalu Maret curah hujan akan semakin meningkat di beberapa wilayah, meskipun Sumatera diperkirakan menurun,” kata Indra.

BMKG menyebut selama Oktober ini, daerah yang berpotensi hujan adalah Aceh, Sumatra Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sumatra serta Papua.

Khusus untuk satu pekan ke depan, hujan lebat akan mulai dialami Indonesia bagian utara. Selain itu, potensi gelombang tinggi 2 sampai 4 meter cenderung akan terjadi di Indonesia bagian timur dan samudera Hindia.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini