Jalur kereta api di Indonesia
Jalur kereta api di Indonesia

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hari ini 153 tahun yang lalu dalam sejarah, atau tepatnya 10 Agustus 1867, jalur kereta api pertama di Indonesia resmi beroperasi.

Jalur kereta api Samarang–Tanggung adalah jalur kereta api pertama di Indonesia dengan panjang kurang lebih 25 km yang menghubungkan Stasiun Samarang NIS dan Stasiun Tanggung.

Jalur ini menjadi cikal bakal berkembangnya kereta api di Indonesia sejak dulu hingga sekarang. Nah, berbicara mengenai jalur kereta, di Indonesia ternyata memiliki tujuh jalur terindah, dimana penumpang dimanjakan dengan panorama keindahan alam Indonesia selama perjalanan.

Dimana saja dan seperti apa keindahannya saat melewati tujuh jalur tersebut, yuk simak ulasannya.

  1. Jalur Kereta api Argo Parahyangan

Kereta api Argo Parahyangan merupakan kereta yang melayani penumpang Jakarta-Bandung maupun sebaliknya. Jalur kereta ini merupakan jalur peleburan antara kereta Argo Gede dan Parahyangan yang terkenal sebagai jalur kereta api tertua di Indonesia. Jalur kereta ini beroperasi di tahun 2010.

Disebut-sebut sebagai jalur kereta api terindah karena saat melewati jalur ini penumpang akan melihat panorama pegunungan Bumi Parahyangan yang luar biasa. Jalurnya berkelok dan melewati beberapa jembatan indah.

  1. Jalur kereta api Argo Bromo Anggrek Pagi

Butuh waktu lebih dari 11 jam untuk melakukan perjalanan dari Jakarta menuju ke Surabaya menggunakan kereta. Waktu yang cukup lama bukan? Mungkin pernah berpikir akan mati bosan di dalam kereta, namun bukan perasaan itu yang akan dirasakan jika naik kereta Argo Bromo Anggrek karena sepanjang perjalanan akan dihidangkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

Sepanjang perjalanan bakal terlihat pemandangan berpetak-petak sawah yang hijau dan perkebunan. Bukan hanya itu saja, pemandangan Laut Jawa juga bisa dinikmati dari jarak dekat. Kalau beruntung, akan ada deburan ombak yang akan membuatmu merasa tidak bosan berjam-jam di dalam kereta.

  1. Jalur KA Prambanan Ekspres

Kereta Prambanan Ekpres merupakan kereta yang menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta dan Solo Balapan. Kereta ini berbentuk komuter ekonomi dan memiliki jalur yang cukup indah untuk dinikmati. Seperti Jembatan Progo dan jalur indah lainnya.

  1. Jalur KA Lodaya

Kereta api Lodaya adalah kereta yang mengantarkan penumpang dari Bandung ke Solo atau sebaliknya. Jalur kereta ini cukup bikin banyak orang terhipnotis karena pemandangan indah pegunungan tanah Pasundan.

Spot paling epik adalah ketika penumpang melewati Stasiun Lebak Jero. Saat itulah kereta akan terlihat gagah berjalan di atas ketinggian +818 Mdpl tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Garut.

  1. Jalur KA Malabar

Kereta Api Malabar merupakan kereta yang biasa mengantarkan penumpang dari Malang ke Bandung atau sebaliknya Via Kediri.

Yang menarik dari pemandangan KA Malabar ini adalah dengan adanya Gunung Sadakeling. Yap, kereta ini biasanya akan membelah pegunungan untuk sampai ke Malang maupun ke Bandung.

  1. Jalur kereta Porong

Satu lagi kereta yang cukup menarik untuk dijajal yaitu kereta jurusan Porong. Dengan menaiki kereta ini para pengunjung bukan hanya dapat melihat pemandangan indah, tapi menakjubkan karena di dalam kereta bisa melihat beberapa gunung di Jawa Timur dengan sangat jelas.

  1. Jalur Kereta wisata Danau Singkarak

Seperti namanya, kereta ini adalah kereta wisata yang akan membawa para penumpangnya melewati Danau Singkarak. Jalur perjalanannya melewati Solok-Sawahlunto-Batutaba dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Kereta ini hanya melayani penumpang saat weekend yaitu Sabtu dan Minggu dan bisa digunakan jika mau charter kereta ini.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here