Indonesia Membela Rohingya di KTT OKI

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Indonesia masih belum berhenti untuk terus membela masyarakat dunia yang tertindas, salah satunya adalah masyarakat etnis Rohingya di Myanmar.

Bahkan, dalam KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jeddah, Arab Saudi pada Rabu 29 Mei 2019, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi membawa sejumlah isu kemanusian, terutama yang berkaitan dengan Rohingya dan Palestina.

Menlu Bangladesh AK Abdul Momen merupakan salah satu yang melakukan pertemuan bilateral dengan Retno. Mereka membahas tentang upaya repatriasi pengungsi Rohingya dari Cox’s Bazar ke Negara Bagian Rakhine di Myanmar.

Selain itu, Retno menyampaikan tentang kemajuan keterlibatan ASEAN dalam isu Rohingya. Terutama, bagaimana menciptakan lingkungan kondusif untuk proses repatriasi.

Selain berjumpa Menlu Bangladesh, Retno juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi. Dia mengaku menyambut kemajuan hubungan bilateral Indonesia-Pakistan menyusul kunjungan Presiden Joko Widodo ke Islamabad tahun lalu.

Pada kesempatan itu, Retno dan Qureshi sempat membahas dukungan terhadap Palestina dan berupaya menciptakan kedamaian di Afghanistan.

Tak sebatas itu, Menlu Retno juga melakukan sejumlah pertemuan dengan Menlu Arab Saudi Adel Al Jubeir dan Menlu Maladewa Abdulla Shahid.

Retno berkunjung ke Jeddah untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menlu dan KTT OKI ke-14. Konferensi itu berlangsung pada 29-31 Mei 2019.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini