Indonesia Bisa Selesaikan Vaksinasi Sebelum September dengan Cara Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksinasi Covid19 bisa tuntas dalam 10 tahun akan terjadi kalau Pemerintah Indonesia tidak melakukan strategi yang baik. Namun, Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) membuat perhitungan vaksinasi itu bisa selesai sebelum September 2021.

Demikian pernyataan epidemiologi UI, Pandu Riono yang diterima Mata Indonesia News, Selasa 9 Februari 2021.

“Kita bisa lebih cepat dengan strategi pilihan yang tepat,” ujar Pandu.

Target vaksinasi menurut Pandu adalah menurunkan angka reproduksi efektif Rt dari saat ini 1,2 menuju 0,9 yang berarti wabah terkendali. Sementara sasarannya  adalah 182 juta penduduk Indonesia.

Diasumsikan setiap orang penduduk Indonesia diberikan dua dosis vaksin dengan jarak penyuntikan 14 hari.

Selain itu diasumsikan vaksinasi masyarakat umum dimulai 1 Maret 2021 dengan 31 ribu tenaga vaksinator (penyuntik vaksin).

Jika setiap vaksinator bisa menyuntik 30 orang maka estimasi wabah terkendali sekitar September 2021. Setelah itu terjadi penurunan kasus baru secara konsisten.

Vaksinasi itu bisa dipercepat jika kita mulai menyuntikkan vaksin Pfizer, AstraZeneca dan Novavax dengan efikasi lebih tinggi.

Jika jumlah dan kapasitas vaksinator ditambah serta swasta dilibatkan dan meningkatkan daya tampung cold chain, vaksinasi di Indonesia akan lebih cepat lagi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini