Imam Al Azhar Sharif: Teroris Tidak Mewakili Islam!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian menegaskan bahwa negaranya begitu menghormati Islam. Hal ini ia ungkapkan saat kunjungan kenegaraannya di Cairo, Mesir.

Prancis menjadi sorotan negara-negara dengan penduduk mayoritas Muslim usai Presiden Emmanuel Macron melontarkan statement dan sikap kontroversial. Di mana sang Presiden mengizinkan majalah Charlie Hebdo menampilkan visual Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, dalam pidatonya, Macron menyebut Islam tengah mengalami krisis dan menekankan pemerintahannya meluncurkan aturan lebih tegas untuk mencegah “separatism” Islam, termasuk pengawasan masjid, ceramah, dan imam yang lebih ketat untuk mencapai pemahaman “Islam versi Prancis.”

Usai bertemu Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi dan Menteri Luar Negeri, Sameh Shoukry, Le Drian mengatakan kampanye “anti-Prancis” di dunia Muslim sering kali merupakan hasil dari distorsi komentar Macron mengenai masalah tersebut.

“Prinsip utama kami adalah penghormatan tertinggi untuk Islam. Saya juga ingin mengatakan bahwa Muslim merupakan bagian penuh dari masyarakat di Prancis,” kata Menlu Prancis, Jean-Yves Le Drian, melansir Reuters, Senin, 9 November 2020.

“Pesan kedua adalah, kita dihadapkan pada ancaman terorisme fanatisme, di tanah kita, tetapi juga di tempat lain, dan pertempuran ini adalah pertempuran bersama,” sambungnya.

Imam Besar Al Azhar Sharif, Dr. Ahmed Al Tayeb bersumpah akan menuntut semua pihak yang menghina Nabi Muhammad SAW di pengadilan internasional. Al Azhar Sharif sendiri merupakan otoritas agama tertinggi di Mesir.

“Saya orang pertama yang memprotes kebebasan berekspresi jika kebebasan ini melanggar agama apa pun, bukan hanya Islam,” kata Dr. Ahmed Al Tayeb dalam pernyataan tertulis.

“Kami menolak untuk menggambarkan terorisme sebagai Islam! Al Azhar mewakili suara hampir dua miliar Muslim dan saya mengatakan bahwa teroris tidak mewakili kami dan kami tidak bertanggung jawab atas tindakan mereka,” tuntasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini