Ilmuwan Temukan Obat Penyembuh TBC dalam Waktu 6 Bulan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Setiap tahunnya penyakit TBC membunuh 1,6 juta orang di dunia. Penyakit ini ditularkan oleh bakteri yang lepas ke udara ketika penderita batuk atau bersin.

Namun, berdasarkan penelitian terbaru dari Amerika bahwa telah ditemukan obat TBC terbaru yang apabila digabung dengan dua obat lainnya, bisa menyembuhkan penyakit menular yang mematikan itu.

Obat ini bernama Pretomanid dikembangkan oleh TB Alliance. Hasil studi menunjukkan bahwa jika digunakan bersama dengan dua obat lainnya, Pretomanid bisa menyembuhkan 90 persen penderita TBC yang resisten terhadap pengobatan yang ada saat ini.

Selain itu, studi juga menyatakan bahwa campuran obat dengan Pretomanid dapat menyembuhkan TBC dalam waktu enam bulan. Juga bisa mencegah penularan bakteri itu hanya dalam beberapa hari.

Pengobatan TBC saat ini biasanya mengharuskan penderita minum banyak pil selama berbulan-bulan dan harus mendapat suntikan yang menimbulkan rasa sakit tiap hari.

Pengobatan cara itu bisa berlangsung sampai dua tahun dan kata dokter banyak pasien yang berhenti menjalani pengobatan atau meninggal sebelum sembuh.

 

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini