Ilmuwan Temukan Lebih Banyak Air di Bulan, Bisa Diminum?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Para ilmuan menemukan jumlah air yang begitu besar di permukaan Bulan. Tanda-tanda keberadaan cairan sebenarnya sudah ada sejak 2009 dan terus berlanjut hingga sekarang.

Keberadaan air itu bisa dimanfaatkan astronot masa depan untuk minum atau bahan bakar roket. Air berhasil ditemukan di sejumlah titik di Bulan. Salah satunya berada di bagian permukaan yang diterangi sinar Matahari dan ada juga kantong es bersembunyi di daerah bayangan kegelapan abadi.

Dua studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Nature Astronomy pada Senin 26 Oktober 2020, menunjukkan kemungkinan ada lebih banyak air daripada yang diperkirakan sebelumnya, termasuk es yang tersimpan dalam bayangan “perangkap dingin” permanen di daerah kutub bulan.

“Kami mengumumkan bahwa, untuk pertama kalinya, kami telah mengonfirmasi H2O di daerah yang diterangi matahari di bulan. Ini menunjukkan bahwa air mungkin didistribusikan ke seluruh permukaan bulan,” kata NASA.

Selama beberapa dekade, bulan dianggap kering kerontang. Tetapi 11 tahun yang lalu, penelitian menemukan bahwa air relatif tersebar luas dalam jumlah kecil di sisi gelap bulan.

Sebuah tim peneliti sekarang melaporkan deteksi jelas pertama dari molekul air di area yang diterangi matahari. Air minum, bahan bakar roket Lebih dari 15.400 mil persegi (40.000 kilometer persegi) medan bulan memiliki kemampuan untuk memerangkap air dalam bentuk es, menurut kepala tim penelitian Paul Hayne dari University of Colorado.

Hayne menjelaskan daerah itu kira-kira 20 persen lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Ia menambahkan bahwa suhu di ”perangkap dingin” ini sangat rendah yakni minus 261 derajat Fahrenheit (minus 163 derajat Celcius), yang berarti bisa menyimpan es selama jutaan atau bahkan miliaran tahun.

Dengan menggunakan data dari Lunar Reconnaissance Orbiter NASA, para ilmuwan menemukan perangkap dingin dari yang berukuran kecil beberapa meter, lebar 18 mil (30 kilometer), dan masih banyak lagi.

“Kami yakin ini akan membantu memperluas kemungkinan tempat pendaratan untuk misi pencarian air bulan di masa depan, membuka daerah yang sebelumnya dianggap ‘terlarang’ karena kering kerontang,” kata Hayne kepada Associated Press.

Dia mengatakan bahwa jika air ditemukan “cukup melimpah di lokasi tertentu”, astronot mungkin dapat menggunakannya sebagai sumber daya untuk eksplorasi manusia.

Ilmuwan percaya air bulan berasal dari komet, asteroid, debu planet, angin surya, atau letusan gunung api bulan. Menurut Hayne, para peneliti akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang penemuan air di bulan.

AS ingin NASA mengirimkan astronotnya lagi ke bulan pada tahun 2024 sebagai bagian dari misi yang diberi nama Artemis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini