Ilmuwan Temukan Fosil Serangga Laut Raksasa di Perairan Indonesia, Bentuknya Mirip Helm Star Wars

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para ilmuwan menemukan fosil serangga laut raksasa di perairan Indonesia. Berdasarkan hasil idendifikasi yang dilakukan, makhluk ini semasa hidupnya dapat tumbuh hingga sebesar anak anjing atau berukuran rata-rata sekitar 13 inci.

Krustasea ini dikenal sebagai isopoda dan ukurannya dapat berkisar dari hanya beberapa milimeter hingga hampir 20 inci. Dari isopoda penghuni laut, genus Bathynomus merupakan spesies terbesar dan penemuan kali ini merupakan spesies Bathynomus terbesar yang pernah dilihat di alam liar.

Para ilmuwan sangat antusias untuk menemukan isopoda Bathynomus laut dalam, sebuah genus yang terkadang disebut sebagai Darth Vader of the Seas karena mungkin bentuk kepala hewan itu yang menyerupai helm Sith Lord dalam film Stars Wars.

Ilmuwan Temukan Fosil Serangga Laut Raksasa di Perairan Indonesia, Bentuknya Mirip Helm Star Wars

Penemuan jenis baru Bathynomus raksasa ini dinilai menjadi capaian penting keilmuan, khususnya dalam bidang ilmu taksonomi yang relatif sepi peminat.

“Penemuan jenis baru merupakan capaian besar seorang taksonomis apalagi jenis spektakuler dari sisi ukuran bahkan ekosistem dimana jenis tersebut ditemukan, ujar Pelaksana Tugas Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cahyo Rahmadi.

Dalam Ekspedisi Keanekaragaman Hayati Laut Dalam Selatan Jawa pada tahun 2018, para ilmuwan berhasil mengumpulkan dua spesimen, yaitu jantan dan betina di lepas pantai selatan Jawa, tepatnya di kedalaman laut antara 950 dan 1.260 meter.

Ilmuwan Temukan Fosil Serangga Laut Raksasa di Perairan Indonesia, Bentuknya Mirip Helm Star Wars

Bentuk unik dari pelindung kepala dan segmen perut Bathynomus raksasa serta sejumlah besar duri di perutnya menunjukkan bahwa makhluk raksasa itu adalah spesies yang baru.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration yang dirilis pada jurnal Zookeys pada 8 Juli 2020 lalu, dari enam belas spesies Bathynomus yang dideskripsikan sebelumnya, tujuh di antaranya dianggap “super raksasa” dengan dewasa berukuran lebih dari 6 inci dan tumbuh menjadi 12 inci atau lebih.

Ilmuwan Temukan Fosil Serangga Laut Raksasa di Perairan Indonesia, Bentuknya Mirip Helm Star Wars

Helen Wong, peneliti di Laboratorium Kelautan Nasional Pulau St. John, bagian dari Institut Ilmu Kelautan Tropis di National Universitas Singapura mengatakan, sangat gembira dengan penemuan ini.

“Identifikasi spesies baru ini merupakan indikasi betapa sedikit yang kita ketahui tentang lautan,” kata rekan penulis studi, katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini