Ilmuan temukan puluhan planet yang layak huni
Ilmuan temukan puluhan planet yang layak huni

MATA INDONESIA, JAKARTA-24 planet dinyatakan berpotensi untuk ditinggali layaknya seperti Bumi. Hal itu diungkap oleh para ilmuan dalam jurnal Astrobiologi yang diterbitkan.

Ke-24 planet tersebut diyakini memiliki kondisi yang cocok untuk menampung kehidupan. Peneliti mencatat, planet-planet tersebut sedikit lebih tua, lebih besar dan lebih basah dari Bumi. Planet-planet tersebut juga diperkirakan mengorbit bintang dengan rentang hidup lebih lama dari matahari.

“Kami akan menggali lebih banyak informasi dengan teleskop luar angkasa terbau, untuk memilih beberapa target,” kata ilmuwan Universitas Negeri Washington, Dirk Schulze-Makuch, pada Fox News, Rabu 7 Oktober 2020.

Menurut dia, pihaknya perlu berhati-hati agar tidak terjebak mencari Bumi kedua. Sebab, ia tidak memungkiri ada kemungkinan planet yang lebih cocok untuk ditinggali makhluk hidup daripada Bumi.

Adapun beberapa ciri planet layak huni menurut para ilmuwan antara lain adalah berada di sekitar bintang dan planet memiliki air. Planet tersebut juga perlu memiliki suhu permukaan sekitar 5 derajat celcius lebih tinggi dari Bumi.

24 planet tersebut berada di luar tata surya Bima Sakti dengan jarak lebih dari 100 tahun cahaya dari Bumi. Namun, dapat diidentifikasi dengan teleskop masa depan. Teleskop yang dimaksud seperti James Web Space Telescope NASA.

Di antara ke-24 planet tersebut, tidak satupun yang memenuhi semua kriteria. Namun, salah satunya memenuhi empat karakteristik, dan menandakan planet tersebut cocok untuk kehidupan manusia.

“Terkadang sulit untuk menyampaikan prinsip planet yang dapat dihuni ini karena menurut kami, kita tidak memiliki planet terbaik,” kata Schulze-Makuch.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here