IKN Harus Terkoneksi untuk Rantai Pasok Berkelanjutan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus terkoneksi dengan kota-kota di sekitarnya. Hal itu agar manajemen rantai pasok dapat berkelanjutan.

Menurut Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute Achmad Nur Hidayat, IKN membutuhkan dukungan dari kota-kota di sekitarnya. Hal iniuntuk menyuplai bahan baku dan barang-barang. Agar berbagai kebutuhan wilayah itu terpenuhi terus-menerus.

’’Jadi ini menggunakan konsep ekonomi sirkular dan connectivity,’’ ujar Achmad seperti dilansir dari Antara, Selasa 2 Agustus 2022.

Menurut dia, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan akan menjadi wilayah penting pemasok bahan baku dan barang ke IKN. Minimal akan menjadi jalur pengiriman atau tempat transit.

Selain itu, untuk menciptakan rantai pasok yang berkelanjutan, dia menambahkan, barang yang tersedia di IKN harus produk-produk lokal. Sehingga, secara langsung akan bermanfaat untuk ekonomi lokal dan mendukung basis yang berkelanjutan.

Dia memastikan kehadiran produk lokal dapat memperkuat neraca pembayaran Indonesia. Sebab, negara tidak perlu mengeluarkan devisa untuk barang-barang tersebut.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini