IHSG Tutup Akhir Pekan di Zona Hijau Imbas Tapera Effect

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program tabungan perumahan rakyat (Tapera) yang telah diresmikan Presiden Jokowi membawa efek positif bagi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di akhir pekan, 5 Juni 2020. Mengutip data RTI Bussines, IHSG menguat 0,63 persen ke level 4.947,78.

Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG bergerak dari rentang 4.851 hingga 4.948. Tercatat 258 saham menguat, 139 melemah dan 169 stagnan. Investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar Rp 213,47 miliar.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia mengatakan, penguatan tersebut ditopang oleh kenaikan saham-saham sektor aneka Industri (+4,13%) dan Property konstruksi (+1,64%). Pun saham ASII yang menjadi salah satu saham pembentuk IHSG juga tercatat naik 5,04 persen.

“Kinerja positif ini membalikan kerugian sebelumnya, setelah data pertumbuhan penjualan motor merosot jauh di bawah ekspektasi,” ujarnya Jumat sore.

Sedangkan dari sektor property saham CTRA (+14,39%), SMRA (+14,22%), ASRI (+11,76%), PWON (+11,59%) dan BSDE (+8,55%).

Kata Lanjar kenaikan saham-saham ini sangat optimis terdorong banyaknya pengembang menunda kenaikan harga properti dan memberikan potongan harga besar-besaran, sehingga dapat memicu peningkatan permintaan ditengah pandemi corona.

“Selain itu sektor property mendapatkan angin segar dari program tabungan perumahan rakyat (Tapera) yang telah di tandatangani Presiden melalui PP No.25 tahun 2020 pada tanggal 20 Mei lalu,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini