IHSG Terjun Bebas, BEI Sering Ajak Curhat OJK

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus terjun bebas beberapa hari terakhri ini. Kondisi ini membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan terus curhat atau berkomunikasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Terbaru, IHSG pada hari ini ditutup anjlok hingga 6,58 persen ke level 5.136,81, level terendah dalam tiga tahun terakhir. “Komunikasi jalan terus. Kami monitoring market secara cermat dan hati-hati,” kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo kepada wartawan di Jakarta, Senin 9 Maret 2020.

Penurunan indeks di awal pekan ini pun disebut merupakan penurunan harian terdalam dalam 8,5 tahun terakhir. Sejak awal 2020 sampai dengan hari ini 9 Maret 2020, IHSG terus mengalami tekanan signifikan yang diindikasikan dari penurunan IHSG sebesar 18,46 persen (year to date).

Merespons hal tersebut, OJK mengizinkan semua emiten atau perusahaan publik melakukan pembelian kembali (buyback) saham tanpa Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sebagai upaya memberikan stimulus perekonomian dan mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi secara signifikan.

Buyback saham oleh emiten atau perusahaan publik dalam kondisi pasar yang berfluktuasi secara signifikan, dilakukan dengan merelaksasi hal-hal sebagai berikut.

Pembelian kembali dapat dilakukan tanpa terlebih dahulu memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Jumlah saham yang dapat dibeli kembali dapat lebih dari 10 persen dari modal disetor dan paling banyak 20 persen dari modal disetor, dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar 7,5 persen dari modal disetor.

Ketentuan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran OJK Nomor 3/SEOJK.04/2020 tanggal 9 Maret 2020 tentang Kondisi Lain Sebagai Kondisi Pasar Yang Berfluktuasi Secara Signifikan Dalam Pelaksanaan Pembelian Kembali Saham Yang Dikeluarkan Oleh Emiten Atau Perusahaan Publik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini