Idul Fitri, Taliban Ajak Pemerintah Afghanistan Berdamai

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Ektremis Taliban menyatakan gencatan senjata dan siap berdamai selama tiga hari dengan pemerintah Afghanistan dalam menyambut Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid berkata, keputusan gencatan senjata ini semata-mata hanya untuk menghargai momen Idul Fitri, dan antisipasi penyebaran corona.

“Jangan melakukan operasi serangan terhadap musuh di mana pun, jika ada tindakan yang dilakukan terhadap Anda oleh musuh, bela diri Anda,” kata Mujahid, Minggu 24 Mei 2020.

Namun, ajakan gencatan senjata itu belum ditanggapi sama sekali oleh militer Afghanistan. Pasalnya, bulan lalu Taliban sempat menolak untuk berdamai sementara waktu.

Taliban beralasan, gencatan senjata saat Ramadan adalah keputusan yang tidak rasional, karena mereka tengah dalam posisi menekan pasukan pemerintah Afghanistan di sejumlah wilayah.

Juru bicara kantor intelijen dan keamanan utama negara itu di Kabul Javid Faisal, mengatakan sedikitnya 146 warga sipil tewas dan 430 lainnya luka-luka oleh Taliban selama bulan Ramadan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini