Idul Fitri, Muhammadiyah: Jangan Takbir Keliling, di Masjid Saja

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air, PP Muhammadiyah meminta masyarakat tidak menggelar takbir keliling.

Dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1442 Hijriah, Muhammadiyah mengimbau takbir dilakukan di masjid atau di rumah masing-masing saja.

Menurut Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto, sebagai umat Islam, sudah sepantasnya membantu dan bahu-membahu dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Tidak dianjurkan takbir keliling. Takbir boleh dilakukan di masjid atau musala selama tidak ada jamaah terindikasi positif Covid-19 dengan pembatasan jumlah orang dan menerapkan protokol kesehatan yang berdisiplin tinggi,” kata Agung, Senin 10 Mei 2021.

“Takbir Idulfitri tahun ini dianjurkan agar dilaksanakan di rumah masing-masing dengan khusyuk dan melibatkan anggota keluarga sehingga tercipta suasana kerohanian yang semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujarnya menambahkan.

Menurutnya, hal itu merupakan bentuk usaha atau ikhtiar untuk menghindarkan diri dari penyakit.

“Sikap seksama merupakan wujud ikhtiar yang diajarkan agama, bukan ketakutan yang bersifat paranoid,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini