Kondisi jalanan Jakarta
DKI Jakarta

MINEWS, JAKARTA – Kepolisian menerjunkan 600 personel untuk pengamanan perayaan Hari Ulang Tahun ke-492 DKI Jakarta yang akan terpusat di Bundaran HI pada Sabtu 22 Juni 2019.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf berkata kegiatan tersebut akan dimulai pada Sabtu jelang malam pukul 18.00 WIB hingga selesai, dengan berbagai macam hiburan dan festival musik.

“Jadi khusus di Bundaran HI, ada 600 personel,” kata Kombes Yusuf di Jakarta, Jumat 21 Juni 2019.

Untuk kenyamanan warga Jakarta yang dipastikan akan tumpah ruah di kawasan tersebut, kepolisian sudah menyiapkan sejumlah kantong parkir, yang terletak di Bundaran HI dekat gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jalan Suktan Syahrir dan kawasan Tanah Abang.

Selain itu, polisi akan menerapkan penutupan beberapa ruas jalan dan pengalihan arus lalu lintas. Penutupan jalan diterapkan bagi kendaraan yang akan menuju Bundaran HI.

Pertama, arus lalu lintas dari arah patung kuda (Arjuna Wiwaha) Jalan Medan Merdeka Barat yang menuju Bundaran HI ditutup di simpang Sarinah. Maka, itu, kendaraan bisa mengarah ke kiri, Jalan Sabang atau ke kanan. 

Kedua, penutupan arus lalu lintas dari arah Semanggi. Kendaraan akan diarahkan ke Jalan Teluk Betung yang mengarah ke Grand Indonesia. Di sisi lain, kata Yusuf, pihaknya juga mengalihkan arus lalu lintas yang mengarah ke Dukuh Bawah atau Dukuh Atas. 

Namun Yusuf berkata penerapan itu bersifat situasional. Hal itu akan diterapkan jika terjadi kepadatan yang mengarah ke Bundaran HI.

“Intinya adalah kita melaksanakan pengalihan itu dan masyarakat yang pergi ke Bundaran HI kita sampaikan kepada mereka kalau di sana ada penutupan,” ujar Yusuf.