Hujan Lebat Diprediksi Terjadi Hari Ini, BMKG: Waspada Sejumlah Wilayah Berpotensi Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hari ini, Minggu 12 Januari 2020, diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal hujan lebat. BMKG juga merilis beberapa wilayah yang bakal terdampak banjir.

Berdasarkan peta prakiraan berbasis dampak hujan lebat di Indonesia yang dirilis BMKG, Minggu 12 Januari 2020, ada 8 wilayah di Indonesia yang berpotensi banjir. Peta prakiraan ini berlaku sejak 12 Januari 2020 pukul 07.00 WIB sampai 13 Januari 2019 pukul 07.00 WIB.

Berikut ini delapan wilayah yang berpotensi mengalami banjir akibat hujan lebat: 1. Sumatera Barat (waspada), 2. Jambi dan Bengkulu (waspada), 3. Sumatera Selatan (waspada), 4. Banten (waspada), 5. Jawa Timur (waspada), 6. Sulawesi Tengah (waspada), 7. Maluku (waspada), 8. Papua Barat dan Papua (waspada)

Sementara itu, potensi hujan lebat diprediksi masih akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia hingga sepekan ke depan. Potensi hujan lebat ini berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan maden julian oscilation (MJO).

Deputi Bidang Meteorologi, R Mulyono R. Prabowo mengatakan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan masih adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan.

Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan MJO (maden julian oscilation) masih berada di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur yang mendukung peningkatan konsentrasi curah hujan, fenomena gelombang tropis yakni Kelvin Wave dan Rossby Ekuatorial berkontribusi signifikan pada pembentukan pola siklonik dan pertemuan angin yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Mulyono mengatakan untuk wilayah Jabodetabek, kondisi hujan pada kisaran intensitas ringan pada periode tanggal 12-14 Januari 2020. Kemudian, menurutnya, BMKG memprediksi akan terjadi peningkatan intersitas hujan di wilayah Jabotadebek pada periode tanggal 15-18 Januari 2020.

 

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini