Hoax, Narasi Kebencian, dan Cyberbullying Tanda Rendahnya Literasi Digital

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Literasi digital bangsa Indonesia ternyata masih jauh dari harapan.

Kondisi tersebut menjadi perhatian Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK ) Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM).

Bahkan, menurut Sekretaris Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan DPP IMM Ahmad Sholeh,  daya saing digital Indonesia berada di posisi terendah di Asia. Data ini dikutip dari laporan yang dirilis oleh We Are Social and Hootsuite pada Januari 2020.

“Hal ini menunjukkan masyarakat kita sedang mengalami krisis literasi digital. Merebaknya hoax, narasi kebencian, radikalisme, cyberbullying, penipuan menjadi pertanda krisis digital tengah meliputi masyarakat Indonesia,” kata Ahmad Sholeh, seperti dikutip dari laman Muhammadiyah.

Menurutnya, hal ini merupakan bukti kegagalan pengguna internet di Indonesia. ”Harusnya di media sosial apapapun menjadikan masyarakat kita tetap mengedepankan keadaban karena keadaban tersebutlah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya,” kata Soleh.

Menyikapi kondisi tidak beradabnya netizen, Soleh menyarankan pentingnya literasi digital. Menurutnya literasi digital bukan hanya seperangkat keahlian dalam mengoperasikan alat-alat penunjang teknologi seperti komputer, laptop, gadget dan akses internet.

“Mengutip Jones dan Hafner, literasi digital berarti menggunakan alat-alat teknologi itu untuk melakukan sesuatu dalam konteks kehidupan sosial,” tuturnya.

Dalam kaitan dakwah Muhammadiyah dan IMM, Soleh mengatakan ada empat urgensi dakwah digital. Pertama urgensi informasi, dimana literasi digital merupakan hal dasar untuk bisa menangkap, mencerna, mengolah dan menyebarkan informasi.

Kedua, urgensi dakwah, menurutnya di era digital tantangan dakwah kian kompleks maka kader Muhammadiyah khususnya IMM perlu menggunakan media digital untuk menebarkan narasi Islam yang rahmantan lil ‘alamin.

Ketiga, urgensi sosial. Menurutnya, kegiatan sosial campaign, aksi sosial, funraising merupakan kegiatan amal sosial yang bisa dilakukan kader Muhammadiyah lewat digital. Keempat adalah literasi digital dibutuhkan untuk memasigkan gerakan Muhammadiyah untuk kebaikan. ”Medium digital menjadi ruang membangun gerakan yang lebih masif dan struktur untuk kebaikan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini