Hitung-hitungan Anggaran Vaksinasi Nasional ala Pemerintah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah masih terus menghitung total anggaran yang dibutuhkan dalam program vaksinasi Covid-19 yang akan diberikan secara gratis kepada masyarakat, sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkata, pemerintah kini sudah menyiapkan anggaran mencapai Rp 54,4 triliun.

Ia merinci, anggaran itu berasal dari dana cadangan sebesar Rp 18 triliun di dalam UU APBN 2020. Selanjutnya, ditambah dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor kesehatan yang tak terserap, yakni senilai Rp 36,4 triliun.

“Jadi dari Rp 18 triliun ditambah Rp 36,4 triliun ini adalah anggaran yang sudah akan kita cadangkan,” kata Menkeu Sri di Jakarta, Senin 21 Desember 2020.

Sebelumnya, Menkeu juga mengungkapkan, pemerintah akan mengambil beberapa langkah sebelum vaksinasi dimulai pada 2021. Salah satunya, menetapkan berapa banyak target yang akan disuntikkan.

“Soal vaksin, langkah pertama yang dilakukan pertama Kementerian Kesehatan menetapkan berapa target vaksinasinya. Jadi ini akan mengikuti apa yang direkomendasikan oleh WHO,” ujarnya.

Dia menyebut berdasarkan persatuan ahli-ahli di bidang pandemi, sekitar 70 persen harus dilakukan vaksinasi. Atau dalam hal ini ada sekitar 183 juta penduduk menjadi target pemerintah untuk disuntikkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini