Hindari 4 Makanan Ini Kalau Tak Mau Cepat Tua

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Sering terpapar dengan sinar matahari, membuat seseorang bisa menua lebih cepat karena kulitnya akan mudah keriput. Namun, bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan, tentu sulit untuk menghindarinya. Tapi jangan lantas menyerah. Masih ada cara lain untuk membuat kulit tetap awet muda.

Salah satu cara menjaga keawetan kulit adalah dengan mengatur pola makan. Ternyata beberapa jenis makanan yang kita makan bisa membantu menghambat penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Berikut makanan yang harus dihindari, beserta penggantinya.

1. Kentang goreng

Kentang goreng merupakan makanan favorit hampir semua orang. Dan tentunya, kita tidak cukup hanya makan satu. Biasanya kentang goreng disajikan dengan olahan garam dan minyak. Dua bahan makanan itu tentu dapat mempercepat penuaan. Makanan yang digoreng bisa merusak sel kulit karena memproduksi radikal bebas.

Terlalu banyak mengonsumsi kentang goreng bisa membuat kulitmu mudah mengendur. Kamu bisa mengganti kentang goreng dengan sweet potato fries yang lebih sehat dan membantu produksi kolagen.

2. Gula putih

Gula telah teruji menyebabkan beruntusan, jerawat serta penuaan dini. Daripada mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula maupun es krim, lebih baik kamu menggantinya dengan buah-buahan serta cokelat hitam.

3. Margarin atau mentega

Riset membuktikan seseorang yang membatasi konsumsi margarin atau mentega memiliki masalah kulit dan kerutan lebih sedikit daripada yang mengonsuminya dalam jumlah banyak.

Margarin memiliki kandungan hydrogenated oil yang sangat tinggi. Kandungan tersebut membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV dan menyebabkan kolagen serta elastisitas kulit berkurang.

Pilihlah makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti alpukat dan minyak zaitun.

4. Roti Putih

Roti putih sangat mudah ditemukan di setiap rumah. Namun, campuran karbohidrat dan protein bisa menyebabkan penuaan dini, peningkatan potensi penyakit kronis. Makanan yang biasa dijadikan sarapan pagi ini memiliki kandungan glikemik indeks sangat tinggi dan bisa meningkatkan risiko peradangan pada kulit.

Ganti roti putih dengan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah dan lain-lainnya yang kaya akan antioksidan serta bermanfaat untuk kulit

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini