Hendropriyono: Khilafah Itu Bukan Konsep Nasionalis

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Mahmud Hendropriyono angkat bicara terkait konsep Khilafah memang sedang marak diperbincangkan saat ini.  Dirinya mengungkap bahwa Kekhilafahan bukanlah konsep nasionalis.

“Coba nanti tanya, nanti yang jadi khalifah (pemimpin Kekhilafahan) orang mana? Belum tentu orang Indonesia. Itu sudah bertentangan, kitakan bangsa Indonesia,” ujarnya di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM), Matraman, Jakarta Timur, Jum’at 12 April 2019.

Hendropriyono menjelaskan bahwa dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia tidak mau diperintah oleh orang bukan Indonesia. “Dan itu sudah nggak ada konsepnya,” katanya.

Tatkala ditanya mengenai tren meleburnya konsep nation-state atau kebangsaan seperti yang diadopsi oleh Kekhilafahan dan regionalisme Uni Eropa dan ASEAN, Dirinya menyebut bahwa itu hanyalah sebuah mimpi.

“Pada kenyataan saja. Sekarang rakyat kita susah, susah karena kita ketinggalan terus. Umur udah 74 tahun merdeka. Korea lebih muda dari kita (tapi) lebih maju dari kita,” katanya.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini